Tips Agar Terhindar dari Kecelakaan Lalu Lintas!

nyetir mobil dengan aman“Selalu hati-hati saat berkendara”. Sebagai pengendara, Anda pasti kerap diingatkan mengenai hal tersebut, kan? Bukan tanpa sebab, ini dilakukan untuk menghindari supaya Anda tidak mengalami kecelakaan. Terlebih, kalau jalanan sedang ramai, tentu tingkat kecelakaan pun akan semakin tinggi karena itulah Anda sangat disarankan untuk berhati-hati ketika mengendarai kendaraan, entah itu mobil pribadi maupun truk kontainer Indonesia.

Di samping itu, ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan agar Anda bisa terhindar dari kecelakaan tersebut, berikut adalah beberapa di antaranya: (source: liputan6)

  • Rutin memeriksa kondisi kendaraan. Rutinlah selalu mengecek kondisi kendaraan Anda. Pentingkah? Yap, jawabannya penting! Lantaran, dengan melakukan ini maka Anda bisa mendeteksi apakah ada kerusakan pada mobil. Jika tidak dicek, tentu akan semakin memperpendek usia mobil Anda dan parahnya lagi bisa menyebabkan kecelakaan. Nah, melansir dari liputan6, salah satu komponen yang kerap bermasalah adalah ban. Ini karena pada saat tekanan udara di ban tidak merata maka dapat memengaruhi kinerja ban dan sangat memungkinkan untuk meledak bila dikendarai dengan kecepatan tinggi.
  • Selalu jaga kecepatan berkendara. Entah karena terburu-buru atau memang kesal berada di belakang pengendara lainnya, tidak sedikit pengendara yang memacu kecepatannya meski lalin sedang ramai. Padahal, melakukan ini tentu tidak diperbolehkan dan melanggar lalu lintas. Yang paling parah adalah bisa mengakibatkan kecelakaan hebat. Untuk itu, pastikan selalu jaga kecepatan berkendara Anda di jalan raya meski sedang tergesa-gesa sekalipun.
  • Patuhi rambu lalu lintas. Patuhi selalu rambu lalu lintas yang dipasang di sepanjang jalan raya. Seperti diketahui, rambu lalu lintas tak hanya difungsikan sebagai penunjuk arah, akan tetapi digunakan untuk melindungi pengemudi dari kecelakaan fatal yang bisa saja terjadi. Tidak hanya itu, Anda juga penting mentaati lampu lalu lintas, jangan pernah menerobos ketika lampu sudah menandakan untuk berhenti.
  • Jaga jarak aman dengan pengendara lain. Saat berkendara, selalu perhatikan jarak aman Anda dengan pengendara lain. Usahakan untuk tidak terlalu mepet atau berdekatan dengan kendaraan yang posisinya tepat di depan Anda. Tujuannnya untuk menghindari supaya tidak terjadi kecelakaan akibat pengendara yang berhenti tiba-tiba.

Itu dia beberapa tips penting yang harus diterapkan saat erkendara agar terhindar dari kecelakaan. Semoga bermanfaat! –SH–

Erick

Saya seorang yang sedang belajar menulis dan saat ini sedang mempelajari dunia digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE