Tips Agar Tidak Bokek Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Tidak terasa, liburan Natal dan Tahun Baru 2017 pun hampir berakhir. Meskipun demikian masih ada sebagian dari kalian mungkin sudah mempersiapkan rencana untuk berlibur ke sebuah kota di Indonesia maupun salah satu negara di dunia bersama dengan mobil mitsubishi delica. Namun, saat liburan ini tentunya kalian tidak mau anggaran uang yang sudah kalian atur sebelumnya, malah menjadi melonjak begitu tinggi saat liburan lantaran asyik dengan suasana liburan. Benar, kan?

 Tips Liburan Seru

Memang sih, jika kalian memiliki sebuah kartu kredit, kalian dengan mudahnya mampu membayar semua hal saat liburan. Tapi, apabila bayaran kalian cukup tinggi dibandingkan dengan anggaran yang sudah kalian tetapkan, tentunya kalian akan membayar tumpukan utang yang sangat tinggi. Untuk itu, ketika sedang berlibur pada saat Natal maupun Tahun Baru, maka sangat penting sekali mengikuti beberapa tips di bawah ini, agar kalian tidak bokek dan membayar utang yang lumayan tinggi.

  1. Membuat anggaran saat liburan. Menghabiskan waktu berlibur dengan orang yang dicintai ketika Natal maupun Tahun Baru, memang sesuatu yang sangat menggembirakan. Biasanya, saking gembiranya liburan, tidak terasa uang yang dibawa pun habis begitu cepat dan terkadang malah over budget. Nah, agar keuangan kalian tidak habis sangat cepat saat liburan, maka kalian bisa membuat anggaran harian maupun destinasi wisata apa saja yang akan kalian kunjungi. Setelah itu, kalian bisa menjalankan anggaran yang sudah dibuat, dan janganlah melenceng dari anggaran yang kalian buat. Dengan begini, uang kalian tidak akan cepat habis maupun over budget.
  2. Menggunakan kartu kredit sebijak mungkin. Apabila kalian memiliki kartu kredit, saat liburan bawalah kartu kredit yang akan mempermudah kalian melakukan transaksi pembayaran. Namun, ketika memakai kartu kredit ini, alangkah baiknya kalian harus menggunakannya dengan sangat bijak. Misalnya, membayar hotel, membeli oleh-oleh, maupun tiket tempat wisata dan bus. Dengan begitu, kalian tidak perlu membayar tumpukan utang yang begitu banyak dan membuat bokek setelah liburan.
  3. Membuat anggaran dana setelah liburan. Saat kalian membuat anggaran untuk liburan, jangan lupa untuk membuat anggaran dana setelah liburan. Contohnya, apabila nantinya kalian menerima gaji di tanggal 25, dan kalian liburan di akhir bulan, sebaiknya buatlah anggaran dana selama 20 hari sebelum gajian. Lalu, buat pula anggaran bulanan yang kalian butuhkan di 20 hari tersebut. Dengan cara ini, kalian pun tidak akan merasa bokek apabila selesai liburan.
  4. Mengatasi kekurangan uang. Ketika sedang berlibur, bagaimana jika kalian kekurangan uang, dan tidak tau mau dipinjam kemana uangnya? Tenang, tidak usah panik apabila kejadian ini menimpa diri kalian, dikarenakan masih bisa menggunakan uang dari rekening tabungan. Tapi, saat menggunakan uang tabungan ini, janganlah menghabiskan uang yang ada di dalamnya. Apabila kalian tanpa sengaja menghabiskan uang tabungan, bisa dipastikan kalian pun akan mengalami kebokekan setelah melakukan liburan seru.

Udah pada tau kan sekarang, gimana mengatasi agar nantinya tidak bokek selama liburan Natal maupun Tahun Baru. Selamat liburan ya! –SH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE