Tips Aman dan Nyaman Saat Bersepeda

sepeda mtbMengendarai Sepeda MTB sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh beberapa orang. Bahkan, sepeda ini tidak hanya dikendarai di daerah pegunungan (mountain) saja, tetapi juga sering dijadikan sebagai alat transportasi sehari-hari. Misalnya saja untuk transportasi menuju sekolah atau kantor. Memanfaatkan sepeda sebagai alat transportasi tentulah memberikan banyak manfaat, misalnya saja pada lingkungan dan pada kesehatan. Dengan menggunakan sepeda, artinya kita sudah mengurangi polusi udara akibat gas yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor. Selain itu, tubuh kita juga menjadi sehat karena kita akan berolahraga secara rutin. Untuk dapat nyaman dan aman saat bersepeda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Sepeda yang tepat

Sepeda MTB memiliki beberapa jenis yang sesuai untuk digunakan dalam medan yang berbeda. Sebelum menentukan sepeda yang akan kita beli, sebaiknya kita memastikan dulu medan seperti apa yang akan sering kita tempuh. Misalnya, sepeda akan dijadikan sebagai alat transportasi sehari-hari, sebagai alat atraksi, atau untuk berpetualang digunung. Selain itu, pilihlah sepeda yang terasa nyaman untuk digunakan.

  • Gunakan pengaman

Baik mengendarai di jalan raya ataupun di pegunungan, akan lebih baik jika kita selalu menggunakan berbagai perlengkapan keselamatan untuk menghindarkan kita dari bahaya yang mengancam. Perlengkapan keselamatan ini biasanya terdiri dari helm, pelindung siku, pelindung lutut, sarung tangan, dan beberapa perlengkapan tambahan lainnya.

  • Atur kecepatan

Mengayuh sepeda terlalu cepat justru dapat menyebabkan terjadinya cedera otot dan persendian. Kayuhan sepeda yang dianjurkan adalah sekitar 80 hingga 100 putaran per menitnya.

  • Gunakan lampu

Saat ini, sepeda sudah banyak yang dilengkapi dengan lampu. Hal ini sangatlah bermanfaat, khususnya dimalam hari saat jarak pandang kita terbatas. Selain itu, dengan adanya lampu maka orang disekitar kita akan mengetahui bahwa sedang ada sepeda yang melintas, sehingga mereka akan lebih waspada.

  • Taati peraturan dijalan raya

Untuk pengendara sepeda di jalan raya, tetap harus menaati setiap peraturan lalu lintas yang berlaku. Selain itu, pastikan bahwa kita hanya akan berjalan di pinggir sebelah kira. Mengendarai sepeda di tengah jalan raya tidak hanya membuat pengendara lain terganggu, tetapi juga dapat berbahaya bagi kita.

  • Lakukan perawatan sepeda secara rutin

Pastikan bahwa sepeda dalam kondisi baik sebelum melakukan perjalanan. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE