Tips Bertahan Hidup Sebulan dengan Uang 500 Ribu Rupiah

Adakalanya kondisi finansial benar-benar sangat down, sehingga kita mesti memperketat pengeluaran. Khususnya bagi kamu yang sekolah jauh dari rumah, alhasil kondisi finansial ‘pun ditentukan oleh kiriman uang dari orang tua di kampung halaman. Tak hanya bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan di luar kota, kondisi finansial yang pas-pasan bisa juga disebabkan karena plan tertentu misalnya ingin menikah. Karena harus mempersiapkan resepsi pernikahan, seseorang harus berhemat hingga dirinya mesti bertahan hidup dengan uang 500 ribu rupiah saja dalam sebulan. Kamu cuma punya budget 500 ribu rupiah dan harus bertahan hidup dalam sebulan? Sebaiknya kamu cek beberapa tips dibawah ini.

  • Stop Nongkrong

Jika kamu cuma punya budget 500 ribu rupiah untuk keperluan sebulan, maka segeralah stop kebiasaan nongkrong. Apalagi bagi laki-laki, nongkrong dapat membuatmu berlaku boros, sehingga tak sadar uang bulanan habis dalam sekejap. Jadi pastikan kamu menghilang dulu dari peredaran. Bukan berarti kamu anti-sosial, melainkan kamu memang sedang memperketat pengeluaran. Sahabat-sahabatmu pasti mengerti dan mereka pasti akan lebih sering mengunjungimu daripada mengajakmu untuk nongkrong di luar. Jika kamu anak kos, maka ajaklah teman-temanmu untuk nongkrong di tempat kosmu. Ketika isi dompet pas-pasan, maka hindarilah yang namanya gengsi.

  • Alokasikan Biaya Makan untuk Mie Instan, Buah, dan Sayuran

Jika beras dirasa terlalu mahal, maka kamu bisa menggantinya dengan mie instan. Namun terlalu banyak makan mie instan juga lumayan berbahaya, jadi kamu bisa mix dengan beras setiap harinya. Agar kesehatanmu tetap terjaga, sebaiknya kamu beli buah dan sayuran yang cukup. Buah bisa kamu konsumsi setelah makan atau ketika ingin ngemil. Sedangkan sayuran bisa dijadikan pelengkap mie instan atau bahan-bahan masakan. Selain itu, kamu ‘pun mesti lebih banyak berinovasi dengan membuat resep mie instan yang lebih enak dan lezat. Gunakan sayuran yang ada, dan jangan lupa kreasikan bumbunya dengan menggunakan rempah atau bumbu instan tertentu.

  • Rajin-rajinlah Puasa

Bagi kamu yang agamanya kuat, sebaiknya rajin-rajinlah puasa saat uangmu tinggal 500 ribu rupiah saja. Dengan puasa, kamu bisa menghemat budget bulanan hingga 50%.  Dari subuh hingga petang, kamu tak keluar uang sedikitpun. Jadi kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk buka puasa dan juga sahur. Gunakan mie instan dan sayuran untuk membuat menu masakan yang lumayan enak dan jangan lupa konsumsi buah-buahan. O ya ketika malam hari pastikan kamu memperbanyak minum air agar tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik. Dengan puasa, tak hanya kondisi finansial yang semakin membaik, namun juga iman dan akhlakmu ‘pun menjadi lebih baik. Kamu ‘pun menjadi pribadi yang lebih bijaksana sehingga orang-orang menjadi lebih respect terhadapmu.

  • Manfaatkan Cashback Lewat Online

Jika kamu butuh keperluan tertentu misalnya butuh beli mouse laptop, sebaiknya alihkan kebiasaan belanjamu dari offline ke online. Di dunia maya, kamu bisa menemukan banyak sekali promo yang ditawarkan oleh situs-situs. Salah satu bentuk promo yang bisa kamu manfaatkan yaitu cashback. Dengan cashback, kamu bisa mendapatkan produk yang kamu ingin dengan biaya yang lebih rendah. Hadiah.Me merupakan salah satu situs cashback belanja online terbaik yang ada di Indonesia. Dengan masuk kedalam link www.hadiah.me kamu bisa menemukan banyak sekali penawaran cashback dari beberapa marketplace terbesar di Indonesia.

  • Hati-hati Dengan Penggunaan Internet

Di era modern ini, tentu pusat komunikasi berada di smartphone. Jadi agar smartphone tetap bisa aktif hingga akhir bulan, sebaiknya kamu lebih irit dalam menggunakan kuota data internet. Kurangi atau stop kebiasaan nonton video di YouTube dan gunakan smartphone untuk kepentingan-kepentingan komunikasi saja, baik lewat media sosial maupun layanan chatting. Sebenarya untuk penggunaan internet ini bisa kamu akali dengan mengunjungi fasilitas-fasilitas yang menawarkan free Wi-Fi.  Namun yang namanya diluar, pasti hasrat jajan pasti sangat menggebu-gebu.

Dengan uang 500 ribu rupiah, kamu tetap bisa bertahan hidup hingga akhir bulan dengan menerapkan beberapa tips diatas. Jangan pesimis, tetap semangat dan teruslah berpikir positif!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE