Tips Cerdas Bersihkan Rumah

Coba deh ingat-ingat, kapan terakhir kali kalian membersihkan rumah? Hmm, pastinya sudah lama sekali, ya? Dengan kesibukan segudang yang ada di kantor setiap harinya, rasanya sudah capek banget deh untuk bersih-bersih di rumah. Jangankan bersih-bersih rumah, mengelap furniture kayu jati yang ada di ruang tamu saja tidak sempat. Nah, tips berikut ini bisa membantu kamu untuk membersihkan rumah secara cerdas dengan langkah mudah :

Tips Cerdas Bersihkan Rumah

Bersih-bersih setiap hari

Luangkan waktu sekitar 15 menit untuk membersihkan rumah, entah itu tidying up, cleaning countertops, atau bahkan melakukan quick cleaning task seperti mengelap meja atau menata ruang tamu. Dibanding harus melakukannya setiap akhir pekan dan membuat kita lelah, lebih baik cicil pekerjaan tersebut setiap 15 menit dalam sehari.

Bersihkan rumah dari atas ke bawah

Mengapa? Pasalnya, ketika melakukan major clean-up, kita akan membersihkan bagian atas dari perabot di rumah. Mulai dari atas lemari, atas bufet, hingga atas rak sehingga debunya akan ke mana-mana. Membersihkan bagian atas terlebih dahulu akan menghemat waktu karena kita tinggal menyapu tumpukan debu yang menempel di lantai setelah semuanya selesai.

Ketika membersihkan rumah, thinks of everything as a grid

Dengan membagi-bagi area secara imajinatif, kita tidak akan melewatkan ruang sela kecil yang ada di rumah seperti bagian bawah sofa, bagian bawah meja, dan lain sebagainya karena kita telah membaginya secara merata. Kita juga tidak akan kembali ke wilayah yang sudah dibersihkan karena telah membersihkannya secara menyeluruh.

Bersihkan noda saat itu juga

Tanpa sengaja menumpahkan es teh di karpet ruang tamu? Jangan tunggu sampai kering! Segera lap dan bersihkan airnya. Untuk mengeringkannya, bisa gunakan hairdryer. Pokoknya, segera ‘sidak’ noda sesaat setelah kejadian. Semakin lama ditunggu, maka semakin sulit juga hilangnya.

Manfaatkan waktu di sela-sela memasak untuk bersih-bersih

Tidak bisa disangkal, meski menyenangkan, memasak itu justru membuat ruangan kotor dan juga menambah cucian di rak piring. Duh, setelah capek memasak, kita masih harus membersihkan peralatan bekas memasak pula! Nah, untuk menghindari hal tersebut, manfaatkan waktu di sela-sela memasak untuk bersih-bersih.

Misalnya, sambil merebus sayuran, mulailah untuk mencuci peralatan memasak yang sudah tidak dipakai lagi. Atau bahkan, bisa juga dimanfaatkan untuk menyapu ruang tamu. Begitu juga ketika masakan telah selesai. Alih-alih bersantai, mending langsung bersihkan semuanya. Jadi, setelah makan, kita bisa beristirahat!

Ternyata, membersihkan rumah itu mudah, kan? Setelah mengetahui tips di atas, jangan malas membersihkan rumah, ya! (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE