Tips Jitu Memilih Genset Terbaik untuk Pabrik

Seperti yang kita ketahui, pabrik memiliki kebutuhan yang cukup tinggi terhadap listrik. Untuk itu tiap pabrik biasanya tidak hanya mengandalkan listrik dari PLN, tetapi juga ditambah dengan genset.

genset pabrikSebetulnya untuk kebutuhan rumah tangga atau proyek berjangka, kita bisa menyewa genset saja. Misalnya sewa genset 200 kVA untuk 12 bulan. Namun untuk kebutuhan pabrik, sebaiknya membeli saja dibanding menyewa. Karena membeli jatuhnya akan lebih murah daripada menyewa.

Di sini kami akan berbagi tips bagaimana cara memilih genset yang tepat untuk pabrik. Simak beberapa tips berikut ini

Pilihlah genset yang tepat

Genset memiliki dua jenis, yaitu open type dan silent type. Genset dengan open type cocok jika digunakan pada proyek di lapangan, gudang, atau pabrik besar (kawasan industri). Hal ini karena tingkat kebisingan open type yang cukup tinggi. Sedangkan untuk silent type, genset ini cocok untuk kebutuhan hotel, rumah sakit, restoran, mini market, dan perumahan. Sesuai namanya, silent type ini tidak menimbulkan bising karena menggunakan kotak peredam.

Sesuaikan daya genset

Karena pabrik menggunakan alat besar dan banyak, tentu membutuhkan jumlah listrik yang tidak sedikit. Selalu perhitungkan daya listrik yang dibutuhkan oleh pabrik. Jika perhitungan Anda sudah tepat, sediakan genset dengan daya total yang sudah dilebihkan sekitar 10% dari jumlah daya yang dibutuhkan.

Miliki tim yang berpengalaman

Genset yang berkualitas tentu harus didukung dengan orang-orang yang berpengalaman di bidangnya. Pekerjakan tim atau operator genset untuk mempermudah pekerjaan pabrik. Mereka yang mengurus genset ini mampu merawat dan menjaga genset pilihan Anda agar tahan lama.

Spare part yang siap sedia

Sama halnya dengan benda industri lain, genset juga mungkin saja mengalami kerusakan. Penyebabnya mulai dari mesin, hingga bahan bakarnya. Hal itu lambat laun akan merusak genset secara keseluruhan. Jika hal itu terjadi, hubungi tempat service terdekat. Pastikan mereka memiliki spare part yang sudah siap sedia sehingga masalah dapat teratasi dengan segera. Pabrik Anda pun dapat berproduksi kembali.

Untuk sewa genset Kalimantan anda bisa kunjungi web Sewatama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE