Tips Memasang Router di Rumah

Sekarang ini, penggunaan Wi-Fi tidak lagi terbatas pada tempat publik atau tempat bisnis seperti perkantoran, coffee shop, atau bahkan pusat perbelanjaan saja. Tentunya, Anda sudah tidak asing lagi begitu menemukan rumah-rumah masyarakat yang kini sudah dilengkapi dengan jaringan nirkabel. Kebutuhan masyarakat atas koneksi internet cepat menjadi penyebab mengapa penggunaan Wi-Fi marak di tengah-tengah kita. Apalagi, kini setiap orang tidak hanya memiliki satu perangkat di tangan mereka. Ada laptop, ponsel, dan juga tablet yang butuh terkoneksi dengan internet sehingga Wi-Fi menjadi salah satu jalan keluar dari permasalahan tersebut.

Tips Memasang Router di RumahWi-Fi tidak bisa semata-mata langsung digunakan begitu saja. Dibutuhkan keberadaan router yang berfungsi sebagai ‘penyambung’ dan pendistribusian sehingga sinyal Wi-Fi bisa sampai ke perangkat Anda. Nah, bagaimana cara memasang router yang tepat sehingga tidak mengganggu sinyal? Ini dia tips-nya:

  • Tempatkan router di tempat yang tidak terhalang apa pun. Memang sih sinyal WiFi merupakan sesuatu yang abstrak dan tidak bisa dilihat langsung oleh mata kepala manusia. Tetapi, sinyal ini ternyata bisa berkurang kekuatannya begitu berada di tempat yang terhalang tembok atau beberapa hal lainnya. Oleh sebab itu, sebisa mungkin tempatkan router Wi-Fi Anda di tempat yang luas dan tidak terhalang oleh apa pun.
  • Jangan letakKan router di dekat perangkat elektronik lain. Tidak jauh berbeda dengan perangkat elektronik pada umumnya yang memiliki sinyal magnet tersendiri, router pun juga begitu. Jika router ditempatkan di dekat elektronik lain, maka sinyalnya bisa terganggu dan tidak terdistribusi dengan baik.
  • Pasang sistem keamanan alias password. Sering mengalami koneksi lambat padahal Anda sudah mendaftarkan diri pada paket internet berkuota besar? Well, mungkin saja ada pengguna tidak diundang yang secara diam-diam menggunakan wi-fi rumah Anda! Untuk itu, jangan lupa untuk mengamankan wi-fi Anda dengan memasang sistem keamanan berupa password yang sulit untuk tertebak.

Itu dia tiga hal sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah ketika hendak memasang router untuk Wi-Fi. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE