Tips Membeli Biola bagi Pemula

Toko Alat Musik BiolaBiola merupakan salah satu intrumen atau alat musik klasik yang banyak digemari.Alat musik yang mirip dengan gitar berukuran kecil atau ukulele ini sebenarnya bisa dibilang merupakan alat musik klasik yang agak susah untuk dimainkan. Karenanya, banyak orang tua yang memasukkan anaknya ke kursus-kursus biola dengan harapan akan lebih mudah untuk mempelajarinya. Nah, buat Anda yang tertarik untuk memasukkan anak Anda ke kursus biola dan membeli biola pertama di toko alat musik, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar bisa mendapatkan biola yang baik dan cocok.

Berikut ini beberapa tips dalam memilih dan membeli biola yang cocok bagi pemula, di antaranya:

Ukuran biola

Sama seperti gitar, biola pun memiliki beragam ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran biola ini terdapat dalam beberapa ukuran, misalnya ukuran 4/4 atau 1, ¾, hingga yang terkecil adalah 1/16. Sesuaikanlah ukuran ini dengan postur tubuh pengguna. Semakin kecil ukuran tubuh maka tentunya semakin kecil juga ukuran yang digunakan. Standarnya, orang dewasa biasanya akan menggunakan ukuran 1.

Kualitas kayu

Kayu merupakan bahan utama dari biola, karenanya sangat penting untuk memilih biola dengan kualitas kayu yang bagus. Pastikan untuk memilih kualitas kayu dengan karakteristik yang kuat dan keras. Ini untuk menghindari rusak atau patahnya leher dan tunning pad biola karena senar yang kencang.

Bow dan Hair

Satu biola tidak lengkap bila tidak ada alat satu ini, bow. Bow adalah alat gesek yang terdiri dari satu batang stik yang tersambung dengan hair atau senar sintetis. Pilihlah bow dengan bahan kayu yang kuat dan lengkungan yang baik. Material yang biasa digunakan pada bow ini biasanya adalah brazilwood atau kayu keras tropis dan karbon fiber.  Bow yang baik juga biasanya tidak terlalu ringan maupun berat, dan terasa pas di tangan saat digunakan.

Merk

Harga dari suatu biola biasanya ditentukan dari merknya. Di Indonesia sendiri, kebanyakan biola yang dijual di toko alat musik merupakan biola buatan China yang harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan biola buatan Eropa. Tentunya pemilihan merk ini biasa disesuaikan dengan kocek Anda.

Coba

Jangan pernah membeli violin tanpa mencoba memainkannya terlebih dulu. Meski mungkin Anda atau anak Anda belum pernah memainkan biola sebelumnya, namun setidaknya dengan mencobanya terlebih dahulu Anda bisa mengetahui apakah biola tersebut nyaman dan pas saat digunakan nantinya.

Semoga membantu. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE