Tips Membeli Laptop dan Informasi Beberapa Merk Pilihan

Laptop atau komputer jinjing kini menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan. Pelajar, pekerja, perusahaan dan berbagai lembaga banyak menggunakan perangkat ini. Berbagai toko komputer baik online maupun offline menjual produk ini. Produsen lokal maupun multinasional juga menawarkan laptop dengan aneka spesifikasi dan keunggulan. Dengan banyaknya pilihan yang ada di pasaran, maka membeli laptop menjadi hal yang tidak mudah. Ada beberapa faktor yang harus benar-benar dipertimbangkan. Merk-merk yang adapun perlu dicermati dengan baik, kelebihan dan kekurangannya.

Tips Memilih dan Membeli Laptop

tips-memilih-laptopSebelum membeli laptop baru, beberapa hal perlu menjadi bahan pertimbangan. Dengan pertimbangan yang baik, uang yang dikeluarkan untuk membeli tidak akan sia-sia. Harga dan kualitas laptop memang menjadi hal yang berbanding lurus. Semakin mahal laptop, kualitas dan kecanggihannya juga akan semakin baik. Tetapi kecanggihan itu tentu tidak akan ada manfaatnya jika tidak sesuai dengan penggunaannya kemudian. Karena itu, tips memilih dan membeli laptop berikut ini perlu menjadi pertimbangan agar laptop yang dibeli sesuai dengan penggunaannya. Tips-tips tersebut adalah:

  1. Fungsi laptop

Sebelum membeli laptop, kita harus menentukan terlebih dahulu fungsi atau penggunaan laptop tersebut. Jika laptop itu akan digunakan untuk keperluan pelajar yang banyak melakukan pengetikan atau pengeditan teks, maka laptop yang nyaman di mata adalah pilihan terbaik. Tetapi jika laptop tersebut digunakan untuk kerja kreatif seperti pengeditan film, foto, ataupun gambar, maka laptop yang dipilih adalah yang memiliki resolusi tinggi serta prosesor yang cepat. Laptop dengan spesifikasi tinggi dan memori besar juga diperlukan untuk bermain game.

  1. Spesifikasi laptop

Tips memilih dan membeli laptop berikutnya adalah mengetahui spesifikasi laptop. Hal ini sangat penting agar kita mengetahui kemampuan laptop serta fitur-fitur yang ada. Spesifikasi ini juga akan sangat mendukung fungsi laptop dalam penggunaannya kemudian. Spesifikasi yang perlu diketahui diantaranya adalah prosesor yang digunakan, besarnya memori hardisk dan juga RAM. Spesifikasi-spesifikasi ini akan menentukan seberapa cepat laptop bekerja dan juga kekuatan memorinya. Fitur yang penting diketahui sebelum membeli laptop diantaranya adalah wi-fi dan Bluetooth.

  1. Sistem operasi

Selain spesifikasi, sistem operasi yang terdapat pada laptop juga perlu menjadi bahan pertimbangan. Sistem operasi akan menentukan seberapa nyaman dan mudah laptop tersebut digunakan. Selain itu, kecepatan laptop juga sangat dipengaruhi sistem operasi ini. Spesifikasi laptop harus sesuai dengan sistem operasi yang dipilih untuk mendapatkan performa yang baik. Saat ini Windows 8 menjadi sistem operasi yang banyak dicari, karena mampu membuat laptop meninggalkan performa konvensional yang selama ini digunakan.

  1. Ukuran layar

Laptop yang ada saat ini memiliki ukuran yang beragam. Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, maka ukuran layar 11-13” menjadi pilihan tepat. Laptop ini ukurannya kecil dan juga ringan. Jika Anda membutuhkan laptop untuk melakukan berbagai pekerjaan seperti mengedit teks, mengedit gambar ataupun bermain game maka Anda membutuhkan laptop dengan ukuran lebih besar seperti 15”. Laptop ini akan lebih nyaman untuk mata, walaupun lebih berat ketika dibawa. Diantara kedua ukuran tersebut, ada laptop berukuran 13-14” yang bisa menjadi alternatif.

  1. Kekuatan baterai

Tips terakhir dalam memilih laptop berhubungan dengan ketahanan baterai. Sebagai sebuah perangkat yang mobile, kekuatan baterai yang dimiliki menjadi salah satu aspek yang menentukan kualitas laptop. Baterai sangat dibutuhkan ketika sumber listrik utama tidak bisa ditemukan. Jika baterai laptop konvensional hanya mampu memberikan power selama 2-3 jam saja, maka baterai laptop yang ada saat ini memiliki masa hidup yang jauh lebih panjang. Contohnya adalah Thinkpad X240, yang baterainya dapat bertahan untuk pemakaian antara 10 sampai 20 jam.

Dengan mempertimbangkan kelima tips diatas, maka membeli laptop akan sangat terarah. Calon pembeli akan tahu dengan pasti laptop seperti apa yang mereka butuhkan dan juga inginkan. Baru kemudian mulai mempertimbangkan merk-merk yang bisa dipilih. Mengetahui kinerja, performa dan daya tahan masing-masing merk juga sangat diperlukan sebelum laptop tersebut dibeli. Berbagai keunggulan memang ditawarkan oleh para produsen. Tetapi mempertimbangkan satu merk laptop dengan merk lainnya juga harus dilakukan, agar uang yang dikeluarkan memberikan nilai guna yang maksimal.

Keunggulan Serta Kelemahan Beberapa Merk Laptop

Sebelum membeli sebuah laptop, sebaiknya kita melakukan survey terlebih dahulu. Membandingkan beberapa merk laptop memang wajib dilakukan. Masing-masing merk tersebut menawarkan berbagai kelebihan, yang bisa jadi sama ataupun berbeda dengan merk lainnya. Pengguna laptop selayaknya bersifat kritis dengan mencari informasi sebanyak mungkin, sebagai bahan pertimbangan. Di bawah ini juga akan diberikan informasi mengenai beberapa merk laptop pilihan. Keunggulan maupun kelemahan tiap-tiap merk akan dibahas tuntas, seperti di bawah ini:

  1. Acer

Keunggulan laptop Acer terletak pada harganya yang murah. Walaupun murah, kualitas produknya tetap bagus, dengan garansi yang terpercaya. Laptop ini cukup mumpuni untuk melakukan berbagai program dan aplikasi. Konsep desainnya pun menarik dengan berbagai pilihan warna. Selain itu, jika Anda membeli laptop Acer maka pelayanan service center yang baik akan diberikan. Kelemahan yang dimiliki laptop Acer adalah konstruksi casingnya yang lemah. Panel LCD-nya juga mudah retak dengan kualitas keyboard yang kurang maksimal.

  1. Toshiba

Toshiba masih menjadi merk laptop papan atas di Indonesia. Hal ini membuat harga jual laptop Toshiba bekasnya tetap stabil. LCD laptop ini memiliki kualitas yang baik, dengan konstruksi secara keseluruhan yang kokoh. Bahkan pada beberapa seri hardisknya memiliki pelindung yang menyebabkan tahan terhadap kerusakan walaupun laptop tersebut jatuh. Walaupun memiliki banyak kelebihan, Toshiba juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah desain yang terkesan kuno dan harga yang tergolong mahal. Selain itu pemberian namanya kurang jelas dan sering menyebabkan salah beli.

  1. Axioo

Jika Anda ingin membeli laptop lokal, maka Axioo merupakan pilihan nomer satu. Laptop lokal terbaik ini memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan merk lain dengan spesifikasi yang sama. Desain Axioo tipis, dengan kualitas cat yang tahan lama. Jika dilihat kelemahannya, maka CD writer Axioo memang mudah rusak. Daya tahan baterainya pun kurang baik sehingga mudah drop. Panas yang berlebihan juga bisa terjadi pada charger dan disamping daerah pad mouse. Panas ini bahkan bisa mengganggu pengoperasian laptop.

Membeli laptop yang bagus memang membutuhkan kecermatan tersendiri. Toko laptop yang baik tentu akan memberikan bantuan yang cukup bagi calon pembeli untuk melakukan pemilihan. Bhinneka.Com merupakan salah satu online shop yang selalu memberikan nilai tambah pada setiap layanannya. Disini Anda bisa membeli berbagai merk maupun jenis laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Jaminan garansi diberikan untuk setiap produknya. Anda akan merasakan kemudahan bertransaksi dan harga yang kompetitif saat membeli laptop di webstrore ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE