Tips Membeli Oleh-oleh Saat Berwisata

Setiap kita mau berlibur, pasti ada satu kalimat yang akan diucapkan oleh orang disekitar kita, yaitu “Jangan lupa oleh-olehnya ya”. Yups, membawa oleh-oleh setelah kita pulang liburan, kemanapun tempatnya, seolah menjadi sebuah hal yang wajib. Karena itulah, banyak hotel di Surabaya atau tempat wisata lain yang juga menyediakan pusat penjualan oleh-oleh, supaya tamu yang menginap tidak perlu repot-repot pergi ke lokasi lain untuk membelinya.

Membeli Oleh-oleh

Untuk oleh-olehnya sendiri, biasanya beragam jenisnya. Ada yang memilih untuk membeli souvenir sebagai kenang-kenangan, namun banyak juga yang memilih makanan khas daerah yang dikunjungi. Nah, sebenarnya ada beberapa tips membeli oleh-oleh supaya kita tidak menyesal nantinya, antara lain :

  • Tentukan budget

Saat kita wisata, biasanya uang akan mengalir begitu saja. Nah, supaya kita tidak kebingungan kehabisan uang setelah kegiatan wisata, tentukan budget maksimal yang bisa kita keluarkan untuk transportasi dan akomodasi selama berada di sana. Jika biaya untuk transportasi sudah cukup besar, maka usahakanlah agar lebih berhemat di bagian lainnya. Misalnya saja, untuk membeli oleh-oleh. Jangan berpikir untuk membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak karena merasa “mumpung lagi di sini, puas-puasin aja belanjanya”. Pemikiran ini bisa membuat pengeluaran kita membengkak dalam waktu singkat, dan membuat kita menyesal usai liburan.

  • Tentukan jenisnya

Apakah kita akan membeli oleh-oleh dalam bentuk suvenir, makanan ataukah kombinasi keduanya. Jika orang yang kita berikan berjumlah tidak terlalu banyak dan senang menyimpan berbagai cinderamata, membelikan suvenir akan lebih bermanfaat. Tetapi, jika orang yang akan kita berikan berjumlah cukup banyak dan berlokasi di tempat yang sama (misalnya teman kantor), sebaiknya pilihlah makanan khas daerah setempat yang dapat dinikmati bersama-sama.

  • Perhatikan kualitasnya

Jika kita membeli di pusat oleh-oleh, ada banyak jenis makanan yang sama dengan brand berbeda. Perbedaan ini, secara otomatis akan mempengaruhi harga dari setiap makanan tersebut. Jika bingung, tanyalah penjaga toko apa perbedaan dari berbagai brand tersebut, apalagi kalau perbedaan harganya terbilang cukup jauh. Tujuannya, supaya kita tidak membeli makanan yang diproduksi dengan bahan-bahan yang tidak aman bagi kesehatan.

  • Periksa kemasan dan tanggal kadaluarsa

Pada umumnya pusat oleh-oleh akan menerima barang dari banyak produsen, jadi ada kemungkinan produk dari sebuah brand cepat habis dan brand lain tidak juga terjual dalam waktu yang lama. Perhatikan baik-baik bagaimana kondisi kemasan dan periksa tanggal kadaluarsa supaya kita mendapatkan produk baru yang masih baik kualitasnya.

Semoga tips di atas dapat membantu membeli oleh-oleh dengan tepat dan tidak akan membuat menyesal setelah membelinya ya. Selamat berlibur… (Vita)

One thought on “Tips Membeli Oleh-oleh Saat Berwisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE