Tips Memilih Kamera yang Tepat untuk Berpergian

Memilih kamera yang tepat untuk dipakai saat jalan-jalan tidak ada patokan stAndar seperti halnya kamera-kamera profesional yang dipakai di studio foto. Memilih kamera untuk jalan-jalan lebih mengutamakan apakah kamera tersebut dapat memotret dan menghasilkan foto yang kita inginkan. Jadi bisa saja satu jenis kamera bisa cocok untuk orang tertentu namun tidak cocok untuk orang lainnya. Harga pun juga bisa mempengaruhi seseorang memilih kamera seperti misalnya ada orang yang tidak masalah dengan harga kamera canon dan ada yang berpikir dua kali untuk membeli kamera Canon. Ukuran, berat serta kemudahan dalam mengoperasikannya juga merupakan hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih kamera. Berikut adalah jenis-jenis kamera yang ada di pasaran beserta kelebihan dan kekurangannya:

aneka-jenis-kameraKamera Compact Digital (Kamera Point and Shoot)

Jika Anda adalah orang yang praktis maka kamera tipe ini cocok untuk Anda. Kamera ini ringkas bentuknya, ringan dan mudah digunakan. Anda cuma tinggal mengarahkan kamera ke objek lalu jepret. Karena bentuknya yang ringkas, kamera ini tidak membutuhkan tempat yang luas saat disimpan di dalam tas, bisa juga dimasukkan ke kantong ransel atau saku baju. Harga kamera tipe ini juga paling murah di antara tipe-tipe lainnya, biasanya rentang harganya sekitar 3 jutaan. Salah satu kamera compact digital terbaik adalah Canon PowerShot SX700.

Kamera Advanced Compact Digital

Kamera tipe ini hampir sama dengan tipe di atas hanya ada sedikit tambahan yang membuatnya lebih canggih. Seperti misalnya ada tambahan mode manual selain mode otomatis, sehingga kita bisa mengatur sendiri tingkat pencahayaan, warna latar dan sebagainya. Selain itu kamera ini juga memiliki kemampuan mengambil gambar dalam bentuk RAW atau gambar mentah sehingga kita bisa bebas mengedit gambar tersebut melalui program atau aplikasi komputer. Contoh kamera advanced compact digital terbaik adalah Canon PowerShot G16. Harga kamera Canon PowerShot G16 adalah sekitar 5 jutaan.

Kamera Mirrorless

Kamera Mirrorless adalah kamera yang tidak memiliki cermin pemantul dan optikal viewfinder. Jika diterjemahkan kamera ini bisa digonta-ganti lensanya layaknya kamera DSLR namun beruntung karena bobotnya tidak seberat kamera DSLR. Karena tidak ada cermin pemantul, maka kamera ini menggunakan viewfinder elektronik. Contoh kamera mirrorless terbaik adalah Sony A7 II.

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex)

Banyak orang tidak senang jika harus membawa kamera DSLR saat bepergian karena bentuknya yang besar serta berat. Kamera ini cocok untuk mengabadikan perlombaan, pertandingan atau hewan dan tanaman di alam bebas. Kelebihan kamera ini adalah lensanya bisa diganti-ganti, lebih cepat dalam menciptakan fokus, daya tahan baterai lebih lama, serta hasil gambar yang lebih jernih. Contoh kamera DSLR Canon yang tepat untuk fotografer pemula dan menengah adalah Canon Rebel SL1 dengan harga sekitar 7 jutaan.

Kamera Underwater

Saat Anda jalan-jalan, ada kalanya Anda melakukan kegiatan di dalam air. Saat ini di pasaran sudah banyak kamera dengan teknologi yang memungkinkan Anda menggunakan kamera tersebut di dalam air. Anda bisa mengabadikan pengalaman berolah raga air atau membidik hewan-hewan di bawah laut dengan aman dan tajam.

Jika Anda berniat membeli beragam tipe kamera seperti kamera Canon, Anda bisa membuka situs Bhinneka.Com untuk riset soal pasaran harga kamera Canon, jenis-jenis kamera serta aksesori untuk melengkapi kamera agar lebih mantap dalam proses pengambilan foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE