Tips Memilih Pompa Air Yang Berkualitas

Air merupakan salah satu kebutuhan yang cukup banyak dibutuhkan setiap harinya.mulai dari memasak, mencuci, mandi dan lain sebagainya karena memang manusia itu sangat membutuhkannya mengingat tubuh manusia saja banyak memerlukan air hingga 90 % dari keseluruhan.

Biasanya sumber air yang digunakan ada beberapa macam, ada yang dari PDAM dan ada juga yang masih menggunakan air dari sumur atau mata air. Namun dibandingkan dengan yang menggunakan PDAM, jumlah masyarakat yang menggunakan sumber mata air dan juga sumur jauh lebih banyak karena hanya sekitar dua puluh lima persen yang menggunakan PDAM.

aneka pompa airSisanya semua masih menggunakan air dari sumur dan mata air yang bukan saja dari masyarakat desa tetapi juga ada yang dari perkotaan. Karena masih banyaknya yang menggunakan sumber dari mata air maka tentunya memerlukan yang namanya pompa air. Karena untuk membantu mengalirkan air tersebut.

Saat ini, pompa air sudah banyak yang menjualnya dengan harga dan kualitas yang berbeda-beda. Sehingga dengan begitu jika Anda ingin membelinya maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu hal-hal yang perlu dipertimbangkan supaya Anda mendapatkan barang yang sesuai dengan kebutuhan dan kualitas yang baik.

Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda mengetahui tentang tips-tips sebelum membeli pompa air yang akan berkualitas, harga pas, dan sesuai dengan keinginan Anda yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Kedalaman

Jika Anda ingin membeli sebuah pompa air maka sebaiknya hal pertama yang harus diperhatikan adalah kedalaman dari air tersebut. Sebelum Anda membeli produk tersebut maka sebaiknya ukur dari kedalamannya sehingga akan sesuai ukurannya. Mungkin memang terkadang ada informasi kedalaman sumur tapi terkadang salah.

Maka dari itu, sebaiknya untuk meyakinkan bis ukur kembali dengan menggunakan tali yang diberi pemberat. Namun jika Anda mengalami kesusahan maka bisa tanya tukang sumur maupun yang lainnya intinya yang berpengalaman. Dengan begitu Anda sudah bisa membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Jenis

Selain mengukur dari kedalaman sumur, Anda juga harus mempertimbangkan jenis pompa airnya. Seperti yang telah diketahui bahwa sekarang semakin banyak jenis yang diproduksi dengan berbagai tingkat kualitas. Sehingga tidak jarang akan membuat pembeli menjadi kebingungan.

Ada beberapa jenis yang bisa Anda pilih yaitu yang pertama adalah jenis pompa untuk sumur yang dangkal dengan kedalaman sekitar tujuh meter. Kemudian jika kedalaman sumur Anda sekitar 7-9 meter maka sebaiknya pilih yang semi jet pump. Namun jika kedalaman mencapai 20-30 meter maka pilih jet pump.

  1. Mesin

Hal penting lain yang tidak bisa dilupakan adalah kualitas mesin. Biasanya jika Anda ingin melihat kualitas mesin pompa air maka lihat daya hisapnya. Biasanya daya hisap tersebut juga berkaitan dengan kedalaman sumur. Biasanya untuk mengetahuinya ada tulisan yang tercantum dikemasannya atau di produk tersebut.

Namun Anda juga perlu hati-hati terkadang tulisan tersebut tidak sesuai dengan performa yang diberikan. Karena kebanyakan dalam kemasan tertulis daya hisap maksimal untuk kedalaman mencapai 11 meter bagi semi jet pump tapi aslinya hanya mencapai kedalaman sekitar 7-9 meter saja. Maka akan lebih baik jika bertanya.

  1. Suara

Seperti yang telah diketahui bahwa mesin pompa air memang menghasilkan suara yang cukup terdengar. Namun terkadang ada yang menghasilkan suara yang sangat kasar dan sangat berisik. Hal tersebut ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Yang pertama mungkin karena memang lakher dalam keadaan kering.

Atau mungkin juga karena lakher dipasang dalam keadaan yang kurang pas atau miring. Maka sebaiknya ketika membeli coba dulu mesin pada toko tersebut dan pilih yang menghasilkan suara yang tidak terlalu keras. Sehingga dengan begitu Anda bisa menggunakan mesin yang tidak membuat berisik rumah.

  1. Debit air

Debit air ini untuk mengukur seberapa banyak air yang ditampung dalam satuan waktu. Maka dari itu,debit air juga perlu dipertimbangkan ketikan akan membeli sebuah mesin pompa air yang akan digunakan. Biasanya untuk informasi mengenai debit air dari mesin tersebut sudah tercantum dalam buku panduan yang ada.

Namun jika Anda mungkin mengalami kesulitan maka bisa saja bertanya kepada pemilik tokonya terkait dengan mesin tersebut. Sehingga Anda dapat memperkirakan mesin mana yang sesuai dengan kebutuhan. Namun biasanya jika untuk kebutuhan rumah tangga saja, semua jenis alat ini bisa mengatasinya dengan baik.

  1. Daya listrik

Hal penting lainnya yang perlu Anda pertimbangkan ketika membeli sebuah mesin pompa air adalah masalah daya listrik yang digunakan. Biasanya untuk jenis mesin yang biasanya memiliki daya sekitar 125 sampai dengan 200 watt. Namun untuk semi jet pump biasanya menggunakan daya sekitar 100 sampai 250 watt.

Namun perlu diketahui bahwa belum tentu dengan daya yang besar maka debit air yang dihasilkan juga banyak jika pada mesin yang biasa. Karena belum tentu air yang dihasilkan dari mesin dengan daya 200 watt belum tentu lebih banyak jika dibandingkan dengan yang berdaya 125 watt.

Namun jika pada mesin semi jet pump atau mesin jet pump maka memang jika daya yang dimiliki besar maka daya hisapnya juga besar. Maka dengan begitu air yang dihasilkan juga banyak setiap jam nya.

  1. Ketinggian Tower

Untuk membeli sebuah pompa air maka Anda juga harus menentukan ketinggian towernya. Karena hal tersebut dapat menentukan daya hisapnya. Karena semakin rendah towernya maka daya hisap dan dorongnya semakin tinggi namun juga sebaliknya jika ketinggian tower agak jauh maka daya hisap dan dorongnya juga rendah.

Maka dari itu, ketika membeli produk tersebut lihat dulu seberapa jarak yang akan dihubungkan. Sehingga dengan begitu, Anda tidak akan salah pilih produk ini. Karena jika hal tersebut terjadi maka akan membuat pengeluaran menjadi semakin membengkak.

  1. Harga

Selain kualitas yang dipertimbangkan tentunya yang tidak boleh ketinggalan adalah harga mesin pompa air tersebut. Sebelum Anda membelinya memang ada baiknya jika Anda mencari tahu tentang harganya bisa melalui internet atau memang orang yang pernah membelinya.

Sehingga Anda bisa mengira-ngira terlebih dahulu mesin mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga dengan anggaran yang dimiliki. Maka dengan begitu Anda bisa mendapatkan kebutuhan yang diinginkan dengan harga yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Pompa air memang cukup banyak dibutuhkan oleh masyarakat mengingat banyak yang masih menggunakan air sumur. Sehingga membuat banyak produsen yang membuatnya dengan berbagai jenis, tipe, danĀ  kualitas. Maka terkadang orang yang membelinya dibuat kebingungan memilih.

Maka dari itu, sebaiknya bacalah ulasan mengenai tips membeli pompa air yang telah dijelaskan di atas. Sehingga dengan begitu Anda bisa memilih dan membeli sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan juga sesuai anggaran yang dimiliki. Jadi Anda juga tidak akan merasa rugi ketika membelinya.

Semoga ulasan di atas tersebut bukan hanya bermanfaat bagi Anda yang membacanya saja tetapi juga bagi semuanya. Semoga ulasan yang singkat bisa menambah wawasan bagi siapapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE