Tips Memperlancar Sirkulasi Udara di Dapur

exhaust fanKetika sedang mendesai dapur rumah, pastinya ada banyak hal yang harus kamu perhatikan. Dari mulai harga UPVC untuk kusen jendela maupun pintu yang digunakan, peletakkan kitchen set dan berbagai furniture lainnya, dan masih banyak lagi. Namun, di antara semua hal tersebut, ada satu hal yang tidak boleh sampai terlupakan, yaitu mengenai sirkulasi udara.

Yap, dapur sebagai tempat memasak adalah salah satu ruangan di rumah yang sangat berisiko memiliki udara tidak sehat. Untuk itulah, sangat penting bagi Anda untuk untuk memikirkan masalah sirkulasi udara saat mendesain bentuk maupun ventilasi dalam dapur. Jika Anda masih bingung, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperlancar sirkulasi udara di dapur, yaitu:

  • Posisi dan ukuran jendela

Bagian rumah yang penting tapi sering dilupakan adalah jendela dapur. Tidak semua dapur memiliki jendela atau ventilasi udara. Padahal, jendela itu penting lho untuk memperlencar sirkulasi udara. Namun, perhatikan dengan baik posisi jendela pada saat Anda mendesain dan menentukan posisi jendela ya. Ada baiknya, jika posisi jendela ada di dekat area kompor. Dengan begitu, asap dari masakan dapat keluar dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, sebaiknya buatlah ukuran jendela agak besar. Sehingga udara dapat mengalir lebih baik dibandingkan dengan jendela yang berukuran kecil.

  • Tinggi plafon

Semakin rendah plafon maka sirkulasi udara akan semakin buruk. Sebab ruang untuk udara berputar akan semakin kecil. Itulah mengapa, ada baiknya jika Anda membuat plafon lebih tinggi pada area dapur.

  • Gunakan exhaust fan

Jika Anda masih merasa belum yakin dengan sirkulasi udara di dapur, maka Anda bisa menggunakan bantuan exhaust fan. Alat ini tidak hanya bisa menarik udara keluar dari dalam dapur, tetapi juga akan mengalirkan udara dari luar ke dalam sehingga udara kotor dari dalam akan dapat terganti dengan udara yang baru.

Selain ketiga cara di atas, cara lain untuk bantu melancarkan sirkulasi udara yaitu dengan memastikan bahwa dapur berada pada area yang berdampingan dengan ruang luar langsung. Dengan begitu, udara yang ada di dapur dapat langsung dialirkan ke luar rumah dan bukan ke ruangan lain. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE