Tips Mengemudi Mobil dengan Lancar

Tips Mengemudi Mobil dengan LancarDi zaman yang serba praktis ini, tampaknya keterampilan mengemudi sudah merupakan hal yang wajib dimiliki. Jika anda yang telah cukup umur untuk memilki SIM namun tidak memilki keterampilan menyetir pastinya anda akan kerepotan sendiri karena anda tidak akan leluasa untuk berpergian kemana-mana. Terlebih lagi, tentu mengendarai mobil pribadi saat berpergian terasa lebih nyaman dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum. Apalagi kalau anda memilki mobil dengan performa prima seperti Mitsubishi Pajero Sport misalnya. Akan tetapi, bagaimana anda dapat berpergian dengan mobil yang nyaman jika belum bisa menyetir? Oleh karena itu, ikutilah tips mengemudi di bawah ini agar anda dapat dengan nyaman berkendara di jalanan.

  • Gunakan Mobil yang Sesuai

Sebelum anda mengendarai mobil impian anda, sebaiknya anda latihan dengan mobil yang menggunakan transmisi manual terlebih dahulu.

  • Pelajari Teori

Teori untuk mengemudi merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan sebelum anda praktik langsung. Bacalah terlebih dahulu buku panduan menyetir mobil lalu pahamilah cara mengoper gigi dan hafalkan setiap elemen yang penting seperti posisi injakan rem, gas dan kopling. Dapat dijamin bahwa dengan memahami teori terlebih dahulu akan mempermudah anda saat berlatih menyetir mobil.

  • Latihan di Tempat yang Kondusif

Jangan langsung berlatih di tempat yang ramai seperti jalan raya. Sebagai pemula, langsung berlatih di tempat yang ramai justru akan membahayakan anda. Oleh karena itu lebih baik memilih tempat yang luas dan sepi untuk latihan pertama, kemudian setelah beberapa hari baru anda mulai berlatih di jalan raya.

  • Berlatih Parkir dan Berlatih Menanjak

Kedua hal tersebut memiliki tingkat kesulitan tersendiri dibanding dengan sekedar menyetir di jalan yang lurus. Terdapat teknik sendiri saat anda harus memarkir mobil dan melaju di jalan yang menanjak memiliki sendiri sehingga para pemula memerlukan latihan yang lebih intensif untuk menguasai kedua hal tersebut.

  • Perbanyak Jam Terbang

Setelah anda mempraktikkan teori-teori mengemudi secara baik, jangan mudah puas karena masih banyak rintangan di jalan yang harus anda kuasai. Oleh karena itu sering-seringlah mengemudi mobil saat berpergian jauh agar anda terbiasa dan lihai dalam mengemudi. Namun sebelum itu, pastikan semua persiapan sebelum melakukan road trip bisa dipersiapkan terlebih dahulu.

Semoga tips-tips diatas dapat membantu dan jangan lupa utamakan keselamatan anda saat mengemudi! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE