Tips Merawat Wiper pada Mobil

Wiper merupakan salah satu komponen yang terdapat di luar mobil, yang berfungsi untuk membersihkan kaca depan mobil apabila terkena debu, air hujan, lumpur, dan kotoran lainnya. Meski wiper ini sangat bermanfaat sekali untuk membersihkan kaca depan pada mobil, tapi apabila komponen yang satu ini tidak dirawat dengan semestinya dan mengalami kerusakan, maka tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan goresan pada kaca depan mobil. Walaupun sudah memiliki asuransi mobil sekalipun, tapi tentunya Anda tidak bisa mengharapkan tanggungan yang diberikan, lantaran hal yang seperti ini tidak akan diganti oleh pihak asuransi.

Tips Merawat Wiper Mobil

Nah, supaya wiper ini tetap berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan, maka rawatlah dengan beberapa tips yang ada di bawah ini. Disimak, yuks!

  1. Membersihkan karet wiper secara berkala. Jika Anda tidak menginginkan wiper pada mobil mengalami kerusakan, maka bersihkan wiper ini secara berkala. Cara membersihkannya pun cukup mudah, cukup dengan membubuhi alkohol pada kain yang bertekstur halus dan berwarna cerah. Lalu, usapkan pada permukaan karet wiper saja memanjang hingga ujung wiper. Dan, Anda akan melihat noda hitam yang menempel pada kain.
  2. Mengangkat wiper ketika diparkir di terik sinar matahari. Hal yang paling mudah dilakukan untuk merawat wiper ini adalah mengangkat wiper ketika diparkir di bawah terik sinar matahari. Panas yang dihasilkan oleh sinar matahari yang dipantulkan ke kaca depan mobil, lama-kelamaan akan meningkatkan temperatur suhu kaca mobil yang selanjutnya diserap oleh wiper. Adanya serapan yang dihasilkan oleh wiper ini, tentunya akan menyebabkan kerusakan pada karet wiper.
  3. Mengetahui apakah wiper masih terlihat bagus atau tidak. Untuk mengetahui apakah wiper ini masih terlihat bagus atau tidak, maka Anda hanya perlu memastikan tingkat kelenturan yang dihasilkan oleh permukaan karet wiper. Apabila karetnya sudah tidak mampu menyeka debu maupun air dengan baik, Anda perlu membersihkannya atau jika dibutuhkan ganti dengan yang masih baru.
  4. Mengganti wiper dengan yang baru. Apabila wiper ini sudah terlihat tidak bagus dan performa yang dihasilkan sudah berkurang, sebaiknya Anda mengganti wiper dengan yang baru. Namun, jika wiper ini tidak sempurna saat membersihkan kotoran yang menempel pada kaca, berarti Anda hanya dibutuhkan untuk mengganti bagian karetnya saja.

Hmm, tidak terlalu sulit bukan, tips merawat wiper yang terdapat di mobil? Semoga bermanfaat! –SH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE