Tips Mudah Mengobati Asam Lambung

Suka makanan pedas? Hati-hati, nanti lambungmu luka! Kamu tentu sering mendengar kalimat ini, ketika mengonsumsi makanan dengan rasa yang cukup pedas, bukan? Adanya peringatan ini bukan semata-mata hanya untuk menakutkanmu, melainkan makanan pedas tersebut memang berisiko dapat membuat lambung luka dan mengakibatkan naiknya asam lambung. Meskipun kamu sudah mengetahui cara menurunkan asam lambung dengan sangat mudah, tapi jika tidak berhenti konsumsi makanan pedas maka tentu tidak akan menyembuhkan asam lambung ini.

Asam Lambung

Mengapa penting sekali menyembuhkan asam lambung? Karena asam lambung bisa berakibat pada munculnya penyakit maag yang bisa berujung pada kematian. Menyeramkan bukan? Tapi, jangan keburu ngeri,  asam lambung ini bisa diobati dengan beberapa bahan alami seperti yang kami rekomendasikan di bawah ini, dikutip melalui situs alodokter:

  1. Madu. Rutin konsumsi madu di kehidupan sehari-hari, ternyata dapat menyembuhkan tukak lambung. Sebab, madu merupakan bahan alami yang dapat mencegah munculnya bakteri H.Pylori, dimana bakteri ini dapat meningkatkan asam lambung di tubuh sehingga dapat mengakibatkan sakitnya lambung. Untuk pengobatannya, konsumsilah madu ini sekitar dua hingga tiga sendok sehari. Agar hasilnya maksimal, maka janganlah mengonsumsi makanan yang dapat memicu munculnya asam lambung.
  2. Teh hitam. Saat asam lambung luka maupun naik, cobalah untuk meminum teh hitam. Mengapa? Hal ini karena pada teh hitam ini terdapat senyawa antioksidan yang berperan penting untuk menyembuhkan luka di bagian lambung. Tidak cukup sampai disitu, dalam teh hitam pun tersimpan kandungan flavonoid yang memiliki peran untuk menghancurkan seluruh radikal bebas yang masuk ke perut sehingga tetap menyehatkan lapisan perut.
  3. Akar manis. Mungkin, saat kamu mendengar akar manis, kamu langsung bilang itu adalah kayu manis. Namun, akar manis sendiri beda banget loh sama kayu manis. Dimana, akar manis ini berasal dari batang polong-polongan yang tumbuh di Eropa, dan di dalamnya tersimpan berbagai kandungan nutrisi berupa anti-bacterial dan anti-inflamasi. Yang mana, kandungan ini dapat mencegah masuknya radikal bebas ke dalam perut sekaligus mencegah naiknya asam lambung di tubuh. Akan tetapi, sebelum konsumsi ini, cobalah konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, agar nantinya tidak menimbulkan masalah untuk tubuh.

Selain ketiga bahan alami di atas, asam lambung pun bisa diobati dengan cara mengonsumsi jus buah berry, jus anggur, jus delima, tomat, ubi jalar putih, pisang, dan sebagainya. –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE