Tips Sederhana Agar Pengajuan Visa Amerika Serikat Disetujui

visaAmerika Serikat merupakan destinasi wisata yang pastinya menjadi mimpi banyak orang. Bagaimana tidak, negeri Paman Sam ini hampir setiap hari kita lihat di layar kaca atau di film yang kita tonton. Ada banyak tempat indah dan landmark menarik di sudut kota. Namun, untuk berlibur ke Amerika, tak cukup hanya dengan mengandalkan paket tour ke Amerika yang ditawarkan oleh travel agent. Kamu harus mempersipakan segala dokumen penting, terutama visa.

Meskipun banyak peminatnya, visa turis Amerika Serikat tidak mudah didapatkan. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan visa Amerika Serikat, ketahuilah tips dan langkah-langkah tepat yang harus kamu lakukan!

Buka website pembuatan visa

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka website: http://ustraveldocs.com lalu akan ada tampilan peta di sana. Kamu bisa pilih negara asal, yakni Indonesia. Setelah itu, akan muncul pertanyaan apakah kamu baru pertama kali membuka website tersebut. Jika ya, maka klik tombol “non-imigran” dan website pun akan mengarahkan ke laman cara pengajuan visa.

Isi form

Setelah membaca cara pengajuan visa, Anda bisa mengisi formulis DS-160 yang akan dikirim ke sistem kedutaan Amerika. Dalam laman ini Anda disarankan untuk melakukan pembayaran visa terlebih dahulu di teller bank atau secara online. Akan tetapi, menurut pakansi.com, sebaiknya Anda mengisi formulir hingga tuntas terlebih dahulu karena uang yang sudah dilakukan tidak dibayarkan tidak dapat diambil kembali meskipun batal mengajukan visa.

Jangan lupa, ada beberapa hal penting yang jugaperlu diperhatikan ketika mengisi formulir DS-160. Apa saja?

  • Tetapkan jenis visa.
  • Siapkan softcopy pas foto dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.
  • Jangan memberi spasi antara huruf dan angka ketika menulis nomor paspor.
  • Cantumkan informasi pendidikan, pengalaman kerja dan lainnya sejelas mungkin.
  • Cantumkan nominal penghasilan bulanan dengan mata uang Rupiah.

Tetapkan jadwal wawancara

Kemudian, kamu perlu mencantumkan jadwal wawancara visa. Waktu wawancara biasanya tersedia setiap hari kerja pada pukul 07.00 dan 09.00. Sebelum wawancara, pastikan kamu telah menyiapkan dokumen-dokumen penting yang diperlukan.

Pertanyaan umum yang biasa dilontarkan oleh petugas biasanya seputar tujuan, rencana perjalanan ke Amerika, apakah di Amerika ada keluarga atau tidak, sumber dana perjalanan, dan pekerjaanmu di Indonesia. Datanglah lebih awal saat ingin menjalani wawancara visa. Kuncinya adalah tetap rileks, jangan tegang dan jawablah dengan jujur.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat membuat visa Amerika Serikat. Jika disetujui, kamu akan menerima hasil yang berwarna putih (source: skyscanner). Selain itu, jika melakukan perjalanan liburan ke Amerikadengan mengambil paket wisata murah pastikan jangan salah pilih karena ditakutkan nanti malah merugikanmu pada saat sedang berlibur.  Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE