Tips Sukses Mengembangkan UKM

Untuk memajukan sebuah UKM, tentu diperlukan strategi bisnis yang jitu untuk dapat bersaing di pasar global.  Salah satu strategi yang paling krusial dalam mendirikan sebuah UKM adalah menyediakan infrastruktur jaringan yang efektif, seperti meyediakan PABX murah tapi yang bisa bekerja dengan efektif. Pada dasarnya, PABX adalah sistem telepon atau switchboard yang digunakan untuk telepon internal di kantor.

Tips Sukses Mengembangkan UKM

PABX ini juga merupakan teknologi komunikasi yang canggih karena selain digunakan sebagai telepon, PABX juga bisa digunakan untuk mesin fax dan modem. Coba bayangkan apa yang terjadi jika kantor Anda belum difasilitasi dengan sistem komunikasi yang baik? Pekerjaan karyawan akan terhambat dan banyak waktu akan terbuang sia-sia hanya untuk sekedar mengantarkan informasi. Nah, selain infrastruktur jaringan yang baik, apa lagi sih yang dibutuhkan untuk mengembangkan UKM?

  1. Mengetahui Pentingnya Visi Misi

Sebagai pemimpin perusahaan, tentu Anda harus mengetahui mau dibawa ke mana perusahaan tersebut. Tentukan visi dan misi yang jelas beserta dengan rencana ke depannya. Dengan begitu, Anda bisa menyusun strategi yang jelas pula. Tentunya semua ini perlu diimbangi dengan usaha keras.

  1. Manajemen Finansial

Selain mengatur komunikasi internal di dalam kantor, ada lagi hal krusial yang perlu diatur. Yup, manajemen finansial. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang kelihatannya sepele namun berpengaruh besar, seperti belum memisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi. Lebih baik Anda merekrut orang atau sebuah tim untuk mengelola keuangan perusahaan.

  1. Manajemen SDM

Tak lupa, SDM juga perlu diutamakan. Dalam perusahaan kualitas SDM juga sangat memengaruhi perkembangan ke depan. Namun bukan berarti Anda harus merekrut SDM yang sudah memiliki banyak pengalaman karena Anda masih bisa memberikan kesempatan belajar kepada staff untuk mengembangkan diri sendiri dan juga perusahaan. Karenanya untuk mewujudkan manajemen SDM yang baik, Anda juga memerlukan HRD yang baik.

  1. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran juga tak kalah penting dalam memajukan UKM yang Anda miliki. Dengan strategi pemasaran yang baik, kemungkinan omzet Anda juga akan bertambah. Dalam hal ini Anda beserta tim marketing harus mengantisipasi persaingan pasar dengan terus mengikuti perkembangan teknologi demi kemajuan bisnis dan agar bisa memenangkan persaingan.

Begitulah kurang lebihnya kiat-kiat yang perlu Anda persiapkan untuk mengembangkan UKM. Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE