Tips Tingkatkan Semangat Kerja di Kantor

Tak jarang kita mendengar asumsi bahwa bekerja di kantor itu cenderung membosankan karena rutinitas yang serupa setiap harinya. Jika menjadi pegawai kantoran itu membosankan, lalu mengapa masih banyak pegawai yang betah dan semangat untuk bekerja ya? Pasalnya, bekerja di kantor tidak melulu menjadi hal yang membosankan. Mitos bahwa pekerjaan kantoran akan membuat kita merasa jenuh dan penat dapat dihindari jika suasana kantor memiliki kondisi yang mendukung untuk bersemangat. Selain memasang internet kantor tercepat, hal-hal berikut perlu diperhatikan supaya kerja pegawai di kantor semakin produktif.

Tips Tingkatkan Semangat Kerja di Kantor

Pemilihan Warna Interior yang Tepat

Tanpa disadari, ternyata warna dapat mempengaruhi emosi dan perasaan manusia loh. Menurut wawancara yang dilakukan oleh A Year of Productivity dengan psikolog terkenal Angela Wright, intensitas warna merupakan faktor terpenting yang harus diperhatikan untuk membangun suasana dalam perasaan manusia. Ia juga menyebutkan beberapa pilihan warna yang cocok untuk menunjang kemampuan pegawai di kantor;

  • Biru dengan bintik oranye meningkatkan kemampuan berpikir.
  • Kuning dapat menstimulasi kreativitas.
  • Merah sesuai untuk pekerjaan yang memerlukan aktivitas fisik.
  • Hijau cocok untuk pekerjaan yang melibatkan pertukaran uang.

Sumber Pencahayaan yang Efektif

Dapat kita lihat bahwa biasanya kantor yang terletak di gedung-gedung tinggi cenderung memiliki ukuran jendela yang lebar dengan jumlah yang banyak. Hal ini dilakukan karena cahaya yang terang akan menimbulkan kesan yang segar dan membuat ruangan menjadi terasa lebih luas. Dibandingkan dengan ruangan yang tertutup dan gelap, pastinya ruangan yang menerima cahaya matahari secara cukup akan memicu dan tingkatkan semangat kerja di kantor.

Dekorasi di Ruang Kerja

Suasana serius memang perlu dibangun dalam ruangan kerja akan tetapi ada baiknya jika dekorasi yang dipilih mengimbangi agar kubikel kantor tidak membosankan sekaligus membuat suasana kantor bisa lebih menyenangkan. Dekorasi dinding seperti lukisan atau poster akan menambah kesan playfull dan mempengaruhi suasana hati para pekerja. Bisa juga dinding kantor dihiasi dengan berbagai kutipan inspriasional yang menyemangati seperti “Work hard, play hard” misalnya. Oiya, dekorasi seperti tanaman hijau juga menyimpan berbagai macam manfaat. Selain menyegarkan saat dipandang, tanaman dapat menyerap udara kotor yang dikeluarkan oleh peralatan atau mesin di kantor dan menggantikannya dengan oksigen.

Ruang Kerja Alternatif

Siapa yang tidak merasa bosan jika hanya duduk dan bekerja di depan laptop selama 8 jam? Faktanya, terlalu lama duduk juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu kantor yang menyediakan ruang kerja alternatif seperti booth yang terdiri dari sofa dan bantal yang dapat digunakan oleh pekerja sebagai ruang kerja alternatif dapat menurunkan tingkat kejenuhan dan baik untuk produktifitas kerja.

Makanan dan Minuman

Terakhir yang tidak kalah penting adalah tersedianya makanan dan minuman. Sehingga saat pekerja mulai merasa bosan, mereka dapat menyeduh teh atau memakan cemilan disela-sela waktu kerjanya agar merasa fresh dan bekerja dengan lebih baik lagi.

So, bekerja di kantor ternyata tidak selalu membosankan kan? Keep your spirits alive, selamat bekerja! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE