Tips-tips Untuk Menghindari Kredit Macet

Kredit MobilMembeli mobil dengan sistem kredit menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat saat ini. Pasalnya, memperoleh kendaraan dengan cara mengangsur memberikan keuntungan seperti cepat memiliki meski harga yang dibayarkan dalam jumlah yang sedikit. Bagi orang yang menjadikan mobil sebagai kebutuhan primer, metode ini jelas membantu kelancaran hidupnya. Promo terbaru mobil Mitsubishi bahkan menawarkan kredit dengan bunga 0% sampai dengan dua tahun.

Meski begitu, mencicil mobil tidak dapat Anda lakukan sembarangan. Sebab, bila tidak diperhitungkan dengan matang, akan ada kemungkinan kegagalan bayar. Nah, untuk menghindari hal ini, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan sebelum maupun saat sedang mencicil mobil. Apa sajakah hal-hal itu? Simak lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Lakukan simulasi kredit

Fitur baru yang kini dihadirkan bank atau perusahaan penyediaan kredit ini dapat membantu Anda memproyeksi cicilan juga total biaya kredit Anda. Simulasi kredit berfungsi layaknya kalkulator yang menghitung jumlah pinjaman, lama pinjaman, bunga pinjaman, waktu pembayaran cicilan, waktu memulai cicilan, dan jenis bunga. Dengan mengisi semua kolom ini, Anda akan mendapatkan jumlah angsuran yang harus Anda bayarkan per bulannya. Jika angka yang dihasilkan masih terlalu besar atau bahkan terlalu kecil, Anda dapat memodifikasi salah satu kolomnya untuk mendapatkan jumlah angsuran yang cocok dengan keadaan finansial Anda. Pastikan untuk mengambil nominal angsuran yang tidak lebih 30 persen dari total penghasilan Anda.  Sehingga, cash flow Anda tidak akan terganggu.

Jangan menunggak cicilan

Ada baiknya Anda membuat angsuran bulanan Anda terdebet secara otomatis dari rekening Anda pada tanggal tertentu. Hal ini untuk menghindari penunggakan bayar yang mungkin saja terjadi. Janganlah sekali-sekali menunda untuk membayar angsuran Anda, sebab, sekali menunda lama-lama Anda bisa terbiasa mengundur waktu bayar. Sebagai akibatnya, jumlah angsuran Anda akan bertambah dengan bunga denda telat bayar. Bila sudah begini, tagihan Anda akan semakin banyak. Terlebih lagi, nominal ini dapat mengganggu cash flow bulanan Anda.

Restrukturasi

Bila tanpa dikehendaki Anda sampai pada titik kredit macet, maka Anda dapat melakukan hal ini sebagai upaya untuk memperbaiki alur atau angsuran cicilan bulanan Anda. Restrukturasi dapat dibagi menjadi tiga tahap yakni rescheduling, restructuring, dan reconditioning. Tahap rescheduling membantu Anda mengatur ulang jangka waktu pembayaran, restructuring membantu Anda memodifikasi ulang jadwal pembayaran, jangka waktu pembayaran, ataupun syarat-syarat perkreditan lainnya yang mesti Anda penuhi, dan reconditioning membantu Anda mendapatkan fasilitass atau mengonversi tunggakan menjadi pokok kredit baru, yang pada akhirnya Anda bisa memperoleh bunga yang lebih kecil.

Itulah dia 3 tips untuk menghindari kredit macet ketika sebelum maupun saat sudah mengajukan perkreditan. Coba lakukan tahap-tahap di atas sebelum memilih angsuran kredit, ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.