Tips Untuk Bermotor dengan Maksimal

Memiliki motor yang dapat selalu bekerja secara maksimal tanpa menemui masalah adalah keinginan setiap pengendara motor. Untuk mendapatkan motor yang selalu memiliki performa maksimal, ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh pemilik motor. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dengan bantuan orang lain (misalnya dibengkel), namun ada juga berbagai hal yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik motor. Berikut ini, adalah beberapa macam pemeriksaan skala kecil pada motor, yang bisa pemilik motor lakukan sendiri di rumah:

  • mesin motorMengecek jumlah oli di dalam mesin. Jika oli sudah sedikit, ada baiknya untuk mengisi ulang oli hanya dengan oli motor terbaik untuk memastikan performa mesin selalu prima.
  • Mengecek steering dengan cara menggerakkan setang dan merasakan apakah gerakannya mulus atau tidak.
  • Memastikan coolant tidak bocor dengan cara melihat apakah reservoir coolant menunjukkan jumlah coolant ada di antara dua penanda pada reservoir. Jika dibutuhkan, isilah coolant dengan campuran 50/50 air distilasi dan antifreeze.
  • Selalu periksa tekanan ban ketika ban masih dingin, karena tekanan ban selalu meningkat jika panas. Dan periksalah apakah ada kerusakan pada ban sebelum mengecek tekanan ban di setiap ban lalu bandingkanlah dengan tekanan yang sudah tertera pada ban.
  • Pastikanlah semua lampu depan, lampu rem, lampu sen, dan klakson bekerja dengan baik.
  • Periksalah masing-masing rem, level cairan rem hidrolik, dan pastikan mereka dapat digunakan tanpa harus menarik tuas rem keras-keras.
  • Selalu aplikasikan pelumas pada drive chain di roda belakang agar tidak terlalu longgar dan pastikan drive chain tidak terlihat kering.

Selain pengecekan setiap hari, mengendarai kendaraan secara hati-hati dan tidak asal juga akan membuat kondisi motor semakin awet. Karena itulah, meskipun motor terasa nyaman untuk dikendarai dalam kondisi jalan apapun, ada baiknya jika pecinta sepeda motor mengendarai kendaraan kesayangannya dengan hati-hati dan menaati peraturan. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kondisi motor saja, tetapi juga untuk keselamatan pengendara dan pengguna jalan lainnya. (Dana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE