Tiru Trik Ini Sebelum Menjual Ponsel Lama Milikmu

Sekarang ini, smartphone merupakan benda yang hampir selalu ada di setiap rumah. Hal ini tidak terlepas dari harga smartphone yang semakin affordable serta bisa dijangkau oleh setiap kalangan. Ditambah lagi jika kamu membeli router wifi di toko jual router wifi murah dan menggunakan provider internet yang tepat, kamu bisa berselancar di dunia maya sepuasmu. Belum lagi, pihak produsen ponsel pun secara continue terus memperbarui fitur pada ponsel sehingga masyarakat bisa mengikuti perkembangan teknologi secara lebih bebas.

Tips Jual Handphone Lama

Nah, buat kamu yang baru membeli ponsel dan hendak menjual ponsel lama, agar aman ikuti trik berikut ini, ya!

  1. Lakukan Agar semua data di ponsel lama tidak hilang dan bisa langsung digunakan di ponsel baru, kamu bisa melakukan backup terlebih dahulu. Data-data tersebut bsia disimpan di memory card atau bahkan disimpan dalam cloud. Kamu juga bisa menyimpan data melalui sinkronisasi akun Google. Caranya adalah dengan mengeklik tombol Settings > Accounts > Google, dan nyalakan pilihan Sync untuk layanan yang kamu inginkan.
  2. Keluarkan kartu SIM dan memory card dari ponsel. Ingatlah bahwa ponsel kamu akan segera menjadi milik orang lain, untuk itu menarik kembali data pribadi dan informasi penting dalam ponsel adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Dengan demikian, informasi pribadimu tidak akan jatuh ke tangan orang yang salah atau bahkan disalahgunakan.
  3. Aktifkan enkripsi. Untuk memastikan data tidak digunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab, kamu bisa mengaktifkan enkripsi pada ponselmu. Caranya adalah dengan mengeklik Settings > Security > Encrypt Phone. Prosesnya cukup lama, jadi pastikan ponselmu terhubung dengan Langkah ini cukup ampuh untuk melindungi data penting, sehingga hacker tidak bisa mengambilnya karena sudah terenkripsi.
  4. Pastikan semua data sudah terhapus. Jika dua langkah di atas sudah dilakukan, maka yang selanjutnya bisa kamu lakukan adalah menghapus semua data yang ada di ponsel dan memastikannya bersih dari informasi pribadimu. Kamu bisa memilih opsi Settings > Backup & Reset > lalu pilih Factory Reset. Pengaturan ini akan menghapus semua data dan mengembalikan seluruh pengaturan dalam bentuk awal. Informasi pada akun media sosial, data konfigurasi ponsel, serta file lain akan terhapus.
  5. Bungkus ponsel dan aksesori dalam kardus resmi ponsel. Setelah semuanya selesai, kini saatnya menjual ponsel tersebut pada orang lain. Masukkan seluruh aksesori yang didapat ketika membeli, buku panduan, dan lainnya pada kardus resmi ponsel. Melakukan hal ini bisa membantumu menaikkan harga jual ponsel karena sudah pasti keasliannya.

Itu dia beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menjual ponsel. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE