Tradisional Bukan Berarti Impraktikal

cetak offsetJenis percetakan yang paling pertama muncul adalah percetakan menggunakan balok kayu yang sudah muncul sejak abad ke-3 masehi, semenjak masa itu, perkembangan dunia dan teknologi telah merubah dunia percetakan. Offset dan Digital printing sekarang menguasai dunia percetakan, terlihat dengan Jasa Offset printing Jakarta yang telah menjamur seiringan dengan jasa digital printing. Meski teknologi digital printing dapat dikatakan lebih maju dari offset printing, namun offset printing masih memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki digital printing. Apa sajakah itu?

Namun sebelum itu, kita akan berkenalan terlebih dahulu dengan jenis percetakan yang telah muncul sejak abad ke-19 masehi ini. Offset printing muncul pertama kali di Inggris pada tahun 1875, dan terus menguasai dunia percetakan hingga munculnya digital printing pada tahun 1993. Offset printing memiliki metode percetakan menggunakan silinder metal yang dilapisi dengan bahan khusus untuk mentransfer gambar ke landasan yang akan dicetak. Bahan khusus ini di kemudian hari diganti dengan karet.

Sekarang kita akan membahas apa-apa saja keunggulan offset printing yang tidak dimiliki oleh digital printing:

  • Berkapasitas lebih besar. Offset printing dapat mencetak dalam kuantitas terbanyak, dan semakin banyak item yang dicetak, harga semakin turun. Offset printing sangat cocok untuk calon klien yang ingin memesan dengan jumlah sangat banyak.
  • Dapat mencetak dengan ukuran besar. Offset printing dapat menjawab permintaan klien yang membutuhkan hasil cetakan besar, yang biasanya tidak dapat dilakukan Digital printing.
  • Dapat mencetak di berbagai bahan. Digital printing hanya dapat mencetak di bahan-bahan tertentu seperti kertas, kertas sticker, kertas photo, dan lainnya. Sementara Offset printing dapat mencetak hingga ke bidang yang terbuat dari kayu, metal, kulit, bahkan plastik keras.
  • Cetakan yang dihasilkan memiliki kualitas gambar terbaik. Digital printing memiliki kualitas gambar yang masih belum stabil, namun kualitas gambar yang dihasilkan dengan Offset printing sudah dipercaya banyak orang. Detil dan warna yang dihasilkan Offset printing juga memiliki ketajaman yang baik. (RR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE