Traveling Saat Hamil? Ini Tips Amannya!

Traveling ketika hamil, entah itu dengan tur atau wisata sendiri keluar negeri tanpa tur, sering menjadi momok yang menakutkan bagi para ibu hamil. Padahal, traveling saat hamil sebetulnya diperbolehkan lho, hanya saja kamu harus tetap memperhatikan beberapa hal. Kami sudah membuat daftar apa saja yang harus dilakukan bagi ibu hamil jika ingin traveling dalam artikel berikut ini. Satu hal yang penting: jangan lupa beli asuransi perjalanan agar traveling kamu tetap terproteksi, ya!

  1. Tips Traveling untuk Ibu HamilPertama dan terutama, konsultasikan dengan dokter kandungan. Tanyalah kepada dokter apakah kamu boleh untuk traveling? Apakah usia kandunganmu masih aman untuk melakukan perjalanan jauh? Dokter kandungan biasanya akan memberikan masukan dan saran kepada ibu hamil yang ingin traveling. Beritahukan rencana perjalananmu, transportasi yang akan digunakan, dan kegiatan apa saja yang ingin dilakukan agar dokter bisa memberikan masukan secara menyeluruh.
  2. Teliti dengan maskapai yang digunakan. Jika kamu akan melakukan perjalanan dengan pesawat, jangan lupa untuk mengecek maskapai yang akan digunakan. Sebab beberapa maskapai memiliki peraturan penerbangan tersendiri untuk ibu hamil. Ada yang tidak memperbolehkan ibu hamil dengan usia kandungan di atas 36 minggu untuk terbang, namun ada juga yang memperbolehkan. Jadi, teliti dulu ya.
  3. Siapkan sertifikat medis. Masih berhubungan dengan poin dua, biasanya maskapai penerbangan akan meminta surat medis yang dikeluarkan oleh dokter kandungan.
  4. Rencana perjalanan yang fleksibel. Mengingat ibu hamil butuh banyak istirahat dan terkadang sering merasa lelah, disarankan untuk membuat rencana perjalanan yang fleksibel. Dengan demikian, kamu bisa mengubah jadwal perjalanan sesuka hati mengikuti kondisi tubuh.
  5. Jangan lupa minum air. Agar tidak dehidrasi, usahakan untuk minum cukup air saat traveling. Banyak ibu hamil yang sengaja menahan minum padahal sudah haus setengah mati hanya karena takut menemukan toilet umum ketika ingin pipis. Padahal, ini berbahaya, lho.
  6. Bawa camilan. Mengingat ibu hamil sering merasa lapar, jangan lupa untuk siapkan camilan sehat di dalam tas.
  7. Gunakan pakaian yang nyaman. Agar bisa aktif bergerak saat traveling, pilihlah pakaian yang nyaman, longgar, dan menyerap keringat. Gunakan sepatu tanpa hak yang tidak sempit.

Itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan bagi ibu hamil yang ingin traveling. Semoga membantu, ya!

One thought on “Traveling Saat Hamil? Ini Tips Amannya!

  1. Pingback: Yang Ingin Jalan-jalan ke Luar Negeri, Prepare Hal Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE