Trik Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri tentulah menjadi impian setiap orang. Apalagi sekarang ini banyak institusi yang menawarkan beasiswa penuh untuk para pelajar yang berniat melanjutkan kuliahnya di negara barat. Poin inilah yang dikejar oleh masyarakat Indonesia, di mana mereka berlomba-lomba untuk belajar bahasa Inggris cepat, menaikkan skor TOEFL dan IELTS, dan juga merancang strategi untuk bisa mendapatkannya. Bagi Anda yang tengah melakukan persiapan untuk meraih beasiswa di luar negeri, yuk coba lakukan beberapa trik di bawah ini!

  • Beasiswa Luar NegeriLatih bahasa Inggris Anda. Seperti yang sudah disinggung di atas, bahasa Inggris adalah bahasa yang mutlak Anda kuasai untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Beberapa universitas bahkan memiliki nilai TOEFL dan IELTS yang cukup tinggi sebagai prasyarat untuk mendaftar sebagai mahasiswa di sana. Belum lagi dokumen-dokumen pendamping lainnya yang harus diisi dengan bahasa Inggris. Jadi, mau tidak mau, siap tidak siap, Anda yang bermimpi untuk kuliah di luar negeri harus lebih giat lagi mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya. Kemampuan berbahasa inggris ini tidak hanya bermanfaat untuk seseorang yang berencana ke luar negeri untuk belajar saja, tetapi juga berwisata. Misalnya saja seperti berwisata ke Kopenhagen yang berada di Denmark. Karena itulah, menguasai bahasa inggris dengan baik sudah menjadi hal yang sangat penting bagi masyarakat.
  • Tentukan fokus yang jelas: ingin kuliah di mana, jurusan apa, berapa lama waktu kuliahnya, dan visi yang tajam selepas kuliah. Ingat, bahwa institusi yang hendak memberikan beasiswa kepada Anda tentunya menginginkan individu yang andal dan tahu apa yang ingin dituju. Beasiswa yang diberikan pun tidak cuma-cuma sehingga Anda harus memberikan konstribusi selepas kuliah nantinya. Jadi, sebelum mulai mendaftar beasiswa, sebaiknya persiapkan hal-hal di atas dengan matang.
  • Cari informasi seputar beasiswa yang hendak Anda ajukan. Jika Anda mengetikan kata kunci dengan nama beasiswa tersebut, Anda akan menemukan kisah-kisah sukses dari para penerima beasiswa sebelumnya. Pelajarilah pengalaman mereka, jauhi kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan, dan ikuti saran-saran yang mereka tuliskan. Hal ini akan membantu Anda untuk membangun rasa percaya diri dan menambah persiapan Anda.
  • Minta surat rekomendasi dari orang terdekat. Yang dimaksud orang terdekat di sini adalah dosen, atasan di tempat kerja, tokoh masyarakat, ataupun tokoh yang memiliki pengaruh. Dekatilah mereka, ceritakan maksud dan tujuan Anda, lalu mintalah surat rekomendasi dengan sopan. Surat rekomendasi ini akan membantu Anda untuk melewati proses seleksi awal beasiswa tersebut.

Selamat mencoba! Semoga beruntung, ya.

One thought on “Trik Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

  1. Pingback: Tips Seru Saat Berkunjung ke Australia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE