Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Mekanik Alat Berat

Untuk Anda yang ingin menjadi seorang mekanik alat berat. Sebaiknya terlebih dahulu Anda harus mengetahui tugas dan tanggung jawab Anda. Mengapa demikian? Karena menjadi teknisi alat berat tidaklah gampang. Selain mengetahui berbagai hal terkait alat berat, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis spare part alat berat Komatsu apa saja yang akan digunakan nantinya.

Mekanik Alat Berat

Nah, untuk Anda yang ingin menjadi seorang mekanik alat berat dan belum mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab dari seorang Mekanik Alat berat, maka di bawah ini akan dipaparkan beberapa hal yang bisa menjadi acuan untuk Anda. Berikut penjelasannya:

  • Menerapkan Keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3-LH)

Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi potensi bahaya dan resiko kecelakaan kerja dengan cermat, menerapkan semua prosedur K3-LH dan mengikuti sosialisasi dan penjelasan K3-LH yang diberikan.

  • Menerapkan komunikasi di tempat kerja
    • menerima dan menyalurkan informasi
    • menyampaikan dan menerima informasi dengan baik
    • menerapkan system pelaporan sesuai prosedur
  • Menerapkan kerja sama ditempat kerja

Nah, yang ini perlu dilakukan untuk mengidentifikasi tujuan dan peran kelompok serta memberikan kontribusi efektif dan tepat dalam pertemuan kelompok.

  • Mengidentifikasi komponen utama seorang mekanik

Anda harus mengidentifikasi spesifikasi teknik mekanik, mengidentifikasi struktur dan fungsi system mekanis, system bahan bakar, system pelumasan, system pendingin dan system udara masuk dan gas buang mekanik.

  • Melaksanakan perbaikan ringan

Nah, langkah selanjutnya yaitu Anda perlu mempelajari surat perintah kerja perbaikan, menyiapkan buku panduan atau shop manual yang sesuai ,membongkar dan membersihkan komponen yang akan diperbaiki. Memeriksa dan menganalisa kerusakan komponen, menyusun dan mengajukan suku cadang yang diperlukan, memeriksa kesesuaian dan memasang suku cadang yang diperlukan dan menguji hasil perbaikan.

  • Melaksanakan perbaikan (Major Repair)

Hal ini juga penting dilakukan dengan cara mempelajari surat perintah kerja perbaikan, menyiapkan buku panduan atau shop manual yang sesuai membongkar mekanik sesuai prosedur, memeriksa dan menganalisa kerusakan komponen serta menyusun dan mengajukan suku cadang yang diperlukan.

  • Membuat laporan pekerjaan

Anda harus membuat laporan pekerjaan yaitu mengkompilasi data dari semua proses pekerjaan, menyusun data kedalam form laporan dan menyampaikan laporan pekerjaan kepada atasan.

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang mekanik alat berat. Semoga Bermanfaat ya guyss – Sh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE