Tumor Otak Primer dan Sekunder

Otak adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia, karena otaklah yang berperan dalam mengendalikan seluruh aktifitas dan pikiran manusia. Namun seringkali otak menjadi salah satu organ yang diserang oleh sel tumor yang pada akhirnya menyebabkan penyakit Tumor Otak. Penyakit tumor ini tidak selalu membahayakan jiwa penderitanya, tergantung pada jenis tumor yang menyerang. Kenal dengan kanker otak dan tumor otak itu bagus sehingga kita tahu apa yang kita hadapi.

tumor otak primer dan sekunderPada dasarnya tumor dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu tumor ganas dan tumor jinak. Bagi penderita tumor ganas, ada baiknya segera melakukan penanganan lebih lanjut, karena tumor ganas ini sering diikuti dengan pertumbuhan sel kanker disekitar tumbuhnya sel tumor, yang pada akhirnya menyebabkan penyakitnya berkembang menjadi kanker otak. Sementara bagi penderita tumor jinak, walaupun tetap harus mendapat pengobatan secara cepat dan tepat namun kondisinya tidak terlalu membahayakan. Perkembangan pada sel tumor jinak cenderung lebih lambat, dan tidak memiliki sel kanker disekitarnya sehingga biasanya setelah melalui operasi pengangkatan tidak ada sel tumor yang tertinggal.

Untuk kasus tumor otak sendiri dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu tumor otak primer dan sekunder. Apa bedanya? Berikut penjelasannya

Tumor otak primer
Penyakit ini berasal dari dalam otak sendiri, bisa karena adanya jaringan yang menutup otak. Sama seperti kasus yang terjadi pada penyakit tumor lainnya, pada kasus tumor ini sel normal yang berada di otak mengalami mutasi DNA sehingga sel-sel tersebut tumbuh tanpa terkendali. Beberapa contoh tumor otak primer berdasarkan pada sel yang terkait yaitu:
o Glioma
Tumor ini terdapat pada sel-sel Glia atau Neuroglia. Tumor jenis ini merupakan salah satu tumor yang paling banyak terjadi pada 50% kasus tumor otak primer.
o Glioma Batang Otak
Tumor ini menyerang bagian otak yang menghubungkan sumsum tulang belakang ke otak.
o Meningioma
Jenis tumor yang terdapat pada bagian meninges atau membran otak dan sumsum tulang belakang.
o Adenoma Hipofisis
Tumor ini terdapat di kelenjar hipofisis dan dasar otak, penyakit ini termasuk dalam kategori tumor jinak.

• Tumor otak sekunder
Penyakit ini berasal dari kanker yang menyerang organ lain dan mengalami penyebaran (metastasis) ke bagian otak. Tumor otak sekunder ini paling sering terjadi pada orang yang memiliki riwayat kanker. Penyakit ini dapat disebabkan oleh kanker apapun, tapi pada umumnya disebabkan oleh:
o Kanker Payudara
o Kanker Usus Besar
o Kanker Ginjal
o Kanker Paru-Paru
o Melanoma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE