Waktu Yang Tepat Mengganti Oli Motor

Merawat motor adalah hal yang perlu diperhatikan lohh guyss. Anda tidak mau kan motor Anda rusak akibat kurangnya perawatan. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan guyss untuk merawat motor Anda salah satunya yaitu ganti oli mesin motor Anda. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan pada motor Anda, dikarenakan di dalam mesin motor ada berbagai macam komponen yang bekerja untuk menghasilkan tenaga bagi motor Anda, sehingga Anda harus mengganti oli secara rutin.

Mungkin saat ini Anda masih bingung kan guyss memikirkan kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor Anda? Tidak usah bingung guyss. Di bawah ini akan di jelaskan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor Anda. Berikut penjelasannya:

  • Berdasarkan Jarak tempuh

Agar mesin Anda mampu bertahan lama, sebaiknya penggantian oli berdasarkan jarak tempuh Anda. Jika yang tertera pada petunjuk pemakaiannya biasanya 1500/km – 4000/km. Tapi untuk jarak tempuh 200–500 km, sebaiknya ganti oli setiap 1,5 bulan.

Ganti Oli Motor

Jika jarak menengah diatas 500 km per bulannya maka ganti oli setiap sebulan sekali. Berbeda juga dengan yang jarak tempuhnya jauh hingga 200 km per hari, sebaiknya ganti oli motor Anda setiap dua minggu sekali.

  • Lihat volume oli pada mesin

Lihatlah volume oli pada mesin Anda, dengan cara menggunakan deepstick yang menjadi penutup oli mesin pada motor. Jika kurang dari batas normal, sebaiknya Anda mengganti olinya ataupun bisa menambahkan jika oli terbilang baru.

  • Suara mesin kasar, oper gigi kasar, dan cepat panas

Untuk hal ini hanya perlu menggunakan perasaan Anda saat berkendara guys, jika motor Anda sudah nggak enak di kendarai seperti mesin kasar, berisik, oper gigi keras, dan mesin cepat panas. Sebaiknya Anda harus mengganti oli motor Anda guysss..

  • Menggunakan oli terbaik

Jika memang Anda ingin memberikan kualitas yang terbaik untuk motor Anda agar tetap tahan lama dan awet, sebaiknya gunakan oli yang berkualitas tinggi saat Anda mengganti olinya guys.

Itulah beberapa waktu yang tepat untuk mengganti oli Anda guyss. Semoga Bermanfaat –Sh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE