Waspada, Ibu Hamil Bisa Diserang Penyakit Berbahaya Ini

Pada masa kehamilan, baik ibu maupun janin sangat rentan dengan segala macam penyakit berbahaya. Sebab berbagai hal yang aman bagi orang lain bisa menjadi berbahaya untuk Ibu hamil. Itulah alasannya penting untuk memenuhi gizi ibu hamil dan hindari mengonsumsi berbagai makanan yang tidak baik untuk janin, termasuk makanan yang keamanannya masih diragukan seperti aman atau tidaknya bu hamil mengonsumsi kopi. Meskipun belum memiliki penelitian resmi, namun para ahli kesehatan menyarankan ibu hamil untuk membatasinya karena bisa menyebabkan masalah pada janin. Jadi bagi pecinta kopi, sangat disarankan untuk menahan diri selama masa kehamilan dan akan lebih baik jika meningkatkan konsumsi makanan bergizi.

Gelaja Ibu Hamil Kena Penyakit

Menghindari makanan yang berdampak buruk pada janin dan memenuhi kebutuhan gizi akan menurunkan risiko Ibu terserang beberapa penyakit berbahaya, seperti.

  1. Anemia. Anemia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang muncul pada ibu hamil akibat dari tubuh kekurangan sel darah merah. Apabila ibu hamil menderita penyakit anemia ini, biasanya dapat menyebabkan bayi lahir prematur, tumbuh kembang bayi di rahim menjadi terhambat, sekaligus berisiko bayi lahir dengan berat yang sangat ringan.
  2. Plasenta Previa. Plasenta previa adalah penyakit komplikasi pada ibu hamil yang disebabkan oleh melekatnya plasenta di dinding rahim sehingga menutupi leher rahim. Jika kondisi ini terjadi pada ibu hamil, maka bisa mengakibatkan pendarahan hebat. Dan bilamana pendarahan ini tak kunjung berhenti, janin di dalam kandungan pun harus segera dilahirkan dengan cara operasi caesar.
  3. Diabetes gestasional. Diabetes gestanional ialah penyakit berbahaya yang menyerang tubuh ibu hamil di masa awal kehamilan. Penyebab munculnya penyakit ini masih belum diketahui hingga sekarang, tapi faktor perubahan hormon kerapkali dianggap menjadi pemicu utama kenapa ibu hamil bisa diserang penyakit ini. Dan biasanya setelah melahirkan penyakit satu ini pun akan menghilang dari tubuh ibu hamil.
  4. Rubela. Selama masa kehamilan, ibu hamil pun bisa diserang oleh penyakit rubela. Dimana, penyakit ini muncul di tiga bulan pertama masa kehamilan dan sangat berbahaya bagi kesehatan janin. Apabila penyakit serius ini tidak segera ditangani dapat berdampak buruk pada janin, yang mana menyebabkan kerusakan pada bagian mata, jantung, mata, telinga, dan sistem saraf janin.

Selain keempat penyakit di atas, saat hamil Ibu pun bisa diserang penyakit hepatitis B, hiperkoagulasi, beri-beri, dan sebagainya. Maka dari itu, selalu berhati-hati ya, Bu! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE