Waspada Kram Akibat Hyperkalemia

kram kaki

image source: Hello Sehat

Kram adalah kondisi dimana otot mengalami ketegangan secara mendadak. Biasanya, kram terjadi pada bagian kaki dan terjadi pada saat berolahraga atau pada saat malam hari dan pagi hari. Banyak orang yang jarang mengalaminya, mengatasi dengan cara merilekskan bagian tubuh yang mengalami kram, agar ototnya tidak lagi tegang. Namun orang yang sering mengalami kram ini, berusaha untuk mengatasinya dengan mengonsumsi vitamin untuk kram kesemutan dan juga mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung nutrisi penting untuk mencegah kram. Misalnya makanan yang tinggi kalium.

Namun, bagaimana jika kram yang Anda alami justru disebabkan oleh terlalu tingginya tingkat kalium dalam tubuh Anda? Atau yang bisa disebut juga dengan hyperkalium?

Yap, kalium memang elektrolit penting yang berkaitan dengan fungsi otot.Seperti yang dijelaskan pada situs livestrong, seluruh otot membutuhkan elektrolit ini untuk dapat bekerja, baik itu otot halus, otot rangka, maupun otot jantung. Elektrolit ini memiliki muatan listrik yang akan mengubah muatan sel saraf pada saat masuk dan keluar. Ketika sel saraf sudah mencapai muatan tertentu, maka sel saraf akan mengirimkan pesan kimia kepada otot sehingga terjadilah kontraksi. Itulah sebabnya, sangat penting untuk memenuhi kadar kalium dalam tubuh sesuai dengan yang dibutuhkan. Misalnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, atau mengonsumsi suplemen kalium. Sebab, kekurangan kalium bisa menyebabkan kita mengalami masalah otot, termasuk juga munculnya kram.

Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa mensupplai kalium dalam jumlah banyak ke dalam tubuh Anda. Sebab, ketika kadar kalium terlalu tinggi, maka sel saraf akan mengalami gangguan dan mengirimkan pesan yang tidak jelas pada otot, hingga akhirnya menyebabkan terjadinya kram.

Selain munculnya kram, hyperkalemia juga menimbulkan beberapa gejala lainnya, yaitu kesemutan, mati rasa pada bagian tubuh tertentu, tubuh lelah, kelemahan otot, pusing, dan diare. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena dalam kondisi yang parah akan menyebabkan Anda mengalami kelumpuhan otot, ketidakteraturan detak jantung, hingga kematian.

Untuk mengatasi masalah hyperkalemia ini caranya adalah memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui kadar kalium dalam tubuh Anda. Khususnya jika Anda mengonsumsi obat rutin yang mengandung kalium karena masalah kesehatan yang sedang Anda hadapi saat ini. Perawatan dan pengobatan untuk mengatasi masalah hyperkalemia ini akan bergantung pada tingkat keparahan kondisi Anda. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE