Waspada Penggunaan Cermin Dua Arah

Cermin Dua Arah

image source: greatlifeandmore

Jika dilihat dari satu sisi, kaca cermin dua arah tidak berbeda dengan cermin biasa. Cermin ini akan memperlihatkan pantulan dari benda yang ada di depannya. Lalu apa yang membedakannya dengan cermin biasa? Ini akan terlihat jika kamu melihat sisi satunya. Pada sisi yang lain, cermin dua arah ini tidak memantulkan gambar benda yang ada di depannya, melainkan memperlihatkan gambaran yang ada pada sisi di seberang cermin.

Untuk sederhananya, cermin dua arah ini bisa bekerja dengan dua fungsi. Satu sisi seperti cermin sementara sisi lainnya seperti kaca transparan biasa. Cermin ini umumnya digunakan untuk mengamati sesuatu yang terjadi pada sisi seberang cermin. Misalnya, jika kamu sering menonton film atau serial dengan genre kriminal. Pada saat adegan interogasi, biasanya akan ada yang mengamati apa yang terjadi di ruang interogasi melalui ruangan lain. Sementara orang yang diinterogasi tidak akan melihat orang yang mengamati karena dibatasi oleh cermin dua arah, sehingga dia hanya melihat pantulan wajahnya di cermin.

Sayangnya, penggunaan cermin ini mulai meluas dan bahkan sering digunakan untuk melakukan sesuatu yang merugikan orang lain. Salah satunya adalah dipasang pada toilet, kamar pas, dan beberapa tempat umum yang sering digunakan untuk berganti pakaian. Biasanya oknum tidak bertanggungjawab ini akan memasang kamera kecil di balik cermin dua arah sehingga semua yang terjadi ddi ruangan tersebut akan terekam.

Mencegah pelaku melakukan hal tersebut mungkin bukan hal yang mudah. Akan tetapi, kamu bisa kok terhindar dari kejadian ini dengan lebih waspada. Caranya? Berikut ini di antaranya:

  • Sentuh cermin yang ada di ruangan sebelum melakuukan sesuatu. Jika yang terpasang adalah cermin biasa, maka akan ada jarak antara jari dengan pantulan gambar jari di cermin. Jika tidak ada jarak, maka sebaiknya segera keluar karena cermin tersebut adalah cermin dua arah.
  • Jika memungkinkan, gantilah pakaian di lokasi yang tidak terlihat dari cermin. Misalnya saat kamu akan berganti pakaian di kamar hotel, maka pilihlah sudut yang jauh dari cermin. Dan jika banyak cerminnya atau kacanya, coba memasang sticker besar agar tercipta sudut mati pada cermin sebagai lokasi aman untuk ganti pakaian.

Semua benda yang diciptakan pastilah memiliki manfaat. Hanya saja terkadang ada saja orang yang merubahnya menjadi sesuatu yang merugikan orang lain. Satu-satunya cara adalah agar kita selalu waspada dan berdoa agar selalu dilindungi dari oknum tak bertanggungjawab tersebut. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE