Waspadai Dampak Buruk Cyberbullying

cyberbullyingPernahkah kamu menulis sebuah komentar saat sedang streaming sebuah video melalui koneksi internet cepat milikmu? Saat mengomentari sesuatu, mungkin kamu hanya akan menuliskan apa yang ada dalam pikiranmu atau pendapatmu tentang video tersebut. Tidak masalah selama komentarmu tersebut baik atau jika mengkritik pun, disampaikan dengan cara yang tepat. Namun berhati-hatilah saat menulis komentar, karena jika salah kamu bisa menjadi salah satu pelaku cyberbullying.

Cyberbullying merupakan istilah untuk bully yang dilakukan melalui media internet. Bully seperti ini umumnya tidak dilakukan secara fisik, karena korban dan pelaku tidak saling bertemu. Beberapa cyberbullying yang biasa dilakukan yaitu:

  • Penyebaran foto/video pribadi tanpa atau setelah diedit
  • Komentar kasar dan menjatuhkan pada korban

Cyberbullying bisa menyerang siapapun, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Namun, siapapun yang menerima cyberbullying ini tetap saja akan mengalami dampak yang sama, tergantung pada kemampuannya menerima hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa dampak buruknya:

  • Depresi

Berdasarkan data yang dirangkum oleh WebMD, 2 dari 10 anak mengalami depresi. Penyebabnya tentu banyak hal, dan bully merupakan salah satunya. Baik yang dilakukan secara langsung hingga melalui media internet.

  • Keinginan balas dendam

Tidak semua korban bully hanya diam begitu saja menerima dirinya menjadi korban, banyak juga yang akhirnya memutuskan untuk melakukan balas dendam pada pelaku bully. Biasanya yang menjadi sasaran adalah orang yang pertama kali memulainya, misalnya orang yang menyebarkan foto atau video hingga dia mengalami cyberbullying. Dan ingatlah dengan pepatah yang mengatakan, bahwa pembalasan lebih kejam dari perbuatan.

  • Menjadi kasar

Banyak korban cyberbullying akhirnya memiliki perilaku yang kasar, terutama pada pelaku. Bahkan bisa jadi korbannya akan berlaku nekat hingga mencelakai pelaku tersebut.

  • Keinginan bunuh diri

Salah satu dampak mengerikan dari cyberbullying adalah menimbulkan keinginan bunuh diri pada korbannya. Hal ini biasanya terjadi ketika korban tidak bisa menerima tekanan yang terus menerus diterimanya akibat dari cyberbullying. Jika sampai ada orang yang melakukan hal tersebut akibat masalah ini dan kamu adalah salah satu orang yang melakukan bully, artinya secara tidak langsung kamu sudar berperan dalam menghilangkan nyawa seseorang.

Mengerikan sekali bukan dampak dari cyberbullying? Sayangnya, semakin berkembangnya teknologi internet, justru membuat kasus cyberbullying semakin besar. Sebab mereka bisa menyerang siapapun yang diinginkan meskipun tidak saling kenal. Apalagi dengan semakin banyaknya orang yang membuat berbagai jenis konten hanya demi viewer tanpa peduli apakah konten yang dipostingnya tersebut akan berdampak pada hidup seseorang atau tidak. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.