Water Heater Gas vs Water Heater Listrik

Water HeaterSaat cuaca dingin, seringkali kita menjadi malas untuk mandi. Alasannya? Biasanya karna tidak mau terkena air yang dingin. Jika harus memasak air dulu sebelum mandi, terkadang terasa merepotkan. Namun sekarang air dingin saat cuaca dingin bukan lagi masalah. Saat ini sudah banyak rumah yang menggunakan water heater untuk memenuhi kebutuhan air panas mereka. Water heater yaitu sebuah alat pemanas air modern, sehingga kita dapat menikmati air hangat langsung dari shower atau keran tanpa harus repot memasak air lagi.

Berikut ini 2 jenis water heater yang dapat kita pilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kita:

  • Water Heater Tenaga Gas

Water Heater Gas menggunakan Gas sebagai sumber tenaga untuk memanaskan airnya. Water Heater ini biasanya di letakkan di dalam kamar mandi dan hanya bisa digunakan dalam 1 kamar mandi. Keuntungan menggunakan water heater ini yaitu praktis, hemat dan dapat digunakan kapanpun. Saat kita membutuhkan air panas, kita hanya perlu menyalakan alat ini. Biasanya alat ini hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 detik untuk menyediakan air panas.
Namun alat ini juga memiliki beberapa kekurangan. Dalam pemasangan alat ini, sangat diperlukan ketelitian, karena gas yang di gunakan akan sangat berbahaya jika sampai terjadi kebocoran. Selain itu, karena menggunakan gas sebagai tenaga utamanya, maka biaya penggunaannya akan bergantung pada harga gas elpiji saat ini.

  • Water Heater Tenaga Listrik

Saat memilih menggunakan water heater jenis ini, hal yang harus diperhatikan adalah besar daya listrik rumah kita. Karena water heater jenis ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

Ada 2 Tipe water heater jenis ini yang bisa dipilih, yaitu Storage Water dan Tankless Water. Storage Water memiliki tabung untuk penyimpanan air. Menggunakan water heater tipe ini sesuai untuk pemakaian dalam jumlah besar dan sering. Kelemahan water heater tipe ini yaitu penggunaan listrik yang lebih boros di bandingkan tankless water, karena menggunakan tabung untuk penyimpanan air yang akan dipanaskan secara berkala untuk menjaga suhu air tetap panas.

Sesuai namanya, tankless water tidak memiliki tangki atau tabung untuk penyimpanan air, sehingga biaya listrik yang di keluarkan akan lebih hemat karena hanya memanaskan saat dibutuhkan saja. Namun karena tidak memiliki tangki untuk penyimpanan air, untuk menghasilkan air panas, water heater ini membutuhkan waktu beberapa menit dan biasanya tidak bisa dalam jumlah yang besar. Yv

One comment on “Water Heater Gas vs Water Heater Listrik

  1. […] Semoga artikel mengenai water heater dapat membantu Anda sebelum memutuskan membelinya, untuk artikel water heater lainnya kalian bisa temukan di artikel-indonesia. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Top
Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google PlusVisit Us On PinterestVisit Us On LinkedinCheck Our Feed