World’s City Of Batik Ala Pekalongan

World's City Of Batik Ala PekalonganSiapa tak kenal Pekalongan? Kota yang terletak di jalur pantura dan menghubungkan Jakarta, Semarang, dan Surabaya ini baru saja mendapat sorotan positif dari masyarakat dunia. Masuk ke dalam jaringan kota kreatif versi UNESCO, kini Pekalongan menggunakan kata “World’s City of Batik” sebagai branding untuk mempublikasikan kotanya. Pekalongan semakin berkembang, jaringan internet cepat untuk wilayah Pekalongan kini sudah menyebar ke seluruh kota, dan setiap segmen sudah mengalami perbaikan.

Selain terkenal karena crafts and folk art-nya, Pekalongan terkenal karena pelabuhan perikanan terbesar di Pulau Jawa. Potensi ekonomi sangat besar di kota ini, terlihat dari munculnya gedung-gedung yang mulai dibangun di Pekalongan. Tidak hanya itu, geliat ekonomi yang ada di Pekalongan juga mulai digalakkan di desa-desa wisata. Beberapa desa tersebut adalah :

  • Kampung Batik Kauman

Ini dia kampung perajin batik yang terkenal di Pekalongan. Terletak di pusat kota dengan hiasan landmark alun-alun Pekalongan, desa ini merupakan desa yang paling banyak menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Di sini, Anda bisa menemukan banyak sekali perajin yang tengah menggarap kain-kain batik. Anda bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatan batik hingga menjadi baju jadi yang Anda lihat di toko. Di kampung ini banyak ditemukan show room untuk menjual batik beraneka model.

  • Kampung Wisata Batik Pesindon

Desa wisata batik ini terletak tidak jauh dari Kampung Batik Kauman. Di desa ini terdapat Paguyuban Pecinta Batik yang masih memegang teguh tradisi teknik batik tulis. Jadi, Anda bisa bayangkan bagaimana uniknya suasana tradisional yang ada di desa ini, bukan? Ditambah lagi, Kampung Wisata Batik Pesindon ini dipenuhi oleh perajin batik yang karyanya sudah terkenal di mancanegara.

  • Pusat Grosir Setono

Ingin belanja batik dengan harga miring? Di sini tempatnya. Anda bisa membeli beraneka macam produk batik Pekalongan dengan harga murah. Tentunya, kualitasnya tidak murahan. Tidak hanya batik berharga miring, batik dengan harga selangit pun dijual di sini. Silakan memilih sesuai dengan keadaan kantong Anda, yah! (Tr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE