Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Investasi Emas

Properti Indonesia - FarpointKata ‘investasi’ mungkin masih awam bagi sebagian besar orang. Namun demikian, investasi bukanlah hal yang baru di dunia bisnis. Investasi merupakan sebuah kegiatan usaha yang diharapkan dapat melipatgandakan modal ‘awal’ menjadi berkali-kali lipatnya. Tidak jarang para masyarakat memanfaatkan investasi sebagai simpanan di hari tua. Sebab, keuntungan yang dijanjikan oleh investasi sangatlah besar. Di Indonesia sendiri, investasi yang dikenal masyrakat berkisar pada reksa dana, obligasi, saham, dan juga properti Indonesia. Ada juga investasi emas yang marak dijalankan beberapa pihak, meski keberadaannya masih kalah dengan jenis investasi lainnya.

Meski investasi biasa dilakukan oleh para laki-laki, bukan berarti perempuan tidak bisa menjalankannya, loh. Terlebih lagi untuk Anda para perempuan yang bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, tidak ada salahnya menyisihkan uang Anda untuk investasi. Nah, bagi Anda yang ingin berinvestasi namun bingung harus memilih jenis investasi apa, mungkin bisa memilih investasi properti atau emas. Kedua investasi ini memiliki risiko yang cenderung rendah dan mudah untuk dijalani, terutama untuk investasi emas. Jika dana yang Anda miliki belum cukup besar, pilihlah investasi emas sebagai permulaan. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai investasi emas.

  1. Jenis-jenis emas. Emas yang berada di tengah masyarakat terbagi menjadi empat jenis yaitu perhiasan, koin, emas batangan, dan Gold Exchange Traded Funds. Untuk investasi, disarankan membeli emas batangan atau ETSs sebab daya jualnya yang cukup tinggi. Sementara itu, perhiasan emas sebaiknya dijadikan investasi jangka pendek karena tidak memiliki daya jual setinggi dua jenis emas lainnya.
  2. Risiko investasi tidak tinggi. Tidak seperti investasi lainnya yang memiliki risiko tinggi, emas merupakan salah satu jenis investasi yang tingkat risikonya tidak terlalu tinggi. Namun demikian, investasi emas tidak serta merta memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang cepat. Perlu waktu untuk menunggu hingga beberapa tahun ke depan ketika harga emas mulai naik.

Itu dia dua hal yang patut Anda ketahui sebelum memulai investasi emas. Apakah Anda tertarik untuk melakukannya? (Tr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE