Yayasan AAB ORBIT – Kepedulian Ainun Terhadap Pendidikan

Siapa tak kenal Habibie Ainun? Kisah cinta pasangan ini memang sangat menggugah dan menginspirasi banyak orang. Bahkan kisah mereka yang dibuat dalam bentuk layar lebar berhasil menjadi salah satu film yang termasuk deretan film terbaik Indonesia saat ini. Bacharuddin Jusuf Habibie atau biasa dikenal Habibie, merupakan salah satu mantan presiden Republik Indonesia dengan tingkat kecerdasan yang di atas rata-rata.

Daftar panjang sejarah yang telah ditorehkannya sepanjang hidup sudah tidak terhitung, membuat dirinya selalu menjadi tokoh inspirasi bagi banyak orang. Tidak hanya itu, kisah cintanya dengan Ainun juga tak kalah mengharukan. Kesetiaan Habibie kepada Ainun bahkan hingga Ainun meninggal sungguh patut dijadikan sebagai bahan renungan.

Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT

Hanya saja, banyak kisah tentang Ainun yang belum banyak diketahui publik. Istri Habibie, Hasri Ainun, ternyata tak kalah menginspirasi dibanding sosok Habibie. Beliau sangat peduli dengan isu sosial, terutama untuk masalah pendidikan. Terbukti, bersama Habibie dan teman-teman lain, ia mendirikan sebuah yayasan yang secara khusus diperuntukkan pada mahasiswa Indonesia yang membutuhkan bantuan finansial. Ainun percaya bahwa potensi besar dan masa depan yang cerah tidak boleh terhenti hanya karena masalah ekonomi.

Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie dimulai sejak tahun 1992. Saat itu, organisasi ini belum berdiri secara formal dan masih digerakkan secara informal. Ide nyatanya sendiri terinspirasi dari kegiatan mahasiswa Indonesia di Delft, Belanda, yang menyisihkan 2,5% dari uang beasiswa mereka untuk membantu biaya kuliah mahasiswa Indonesia yang terancam putus kuliah karena tidak ada biaya.

Tiga tahun kemudian, yaitu pada tahun 1995, organisasi ini mulai diresmikan dengan nama Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT oleh para pendirinya. Pendiri organisasi ini di antaranya adalah BJ Habibie, Hasri Ainun Habibie, Etty Mar’ie Muhammad, Wardiman Djojonegoro, Atie Wardiman, Arief Rahman, MS Ralie Siregar, Marwah Daud Ibrahim, Alita Marsanti Iesye S. Latief, Tarmizi Thaher, A. Watik Pratiknya, Herna P. Danuningrat, Farida Abbas, Faika Suyudi, Dit Haryanto Danutirto,  Marisa Haque Fauzi, dan Neno Warisman. Banyak tokoh masyarakat yang terlibat di dalam yayasan ini dan semuanya didorong oleh keinginan untuk berkontribusi di dunia pendidikan.

Berikut visi dan misi yayasan ini terkait kegiatan yayasan mereka seperti dikutip dari laman resmi Yayasan AAB ORBIT Hasri Ainun Habibie.

VISI

Terbentuknya masyarakat sipil Indonesia yang kuat, yang terdiri dari sumber daya manusia cerdas dan terampil yang beriman dan taqwa.

MISI

Membantu anak-anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang sejahtera agar dapat menjadi sumber daya manusia beriman dan taqwa, cerdas, ahli, professional, yang mampu mengubah masa depan Indonesia ke arah yang lebih baik.

VALUES

Berani mengubah masa depan menjadi lebih baik, dengan kerjasama kolektif, integritas, semangat tinggi, menghargai keberagaman dan akuntabilitas.

Seiring berjalannya waktu, ketentuan perundang-undangan mengenai yayasan mulai berubah. Yayasan ini pun kemudian membuat penyesuaian dengan mengganti nama organisasi mereka menjadi Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie (Yayasan AAB ORBIT Hasri Ainun Habibie). Penamaan ini tentunya bukan tanpa alasan. Habibie ingin yayasan ini menjadi bukti nyata untuk membantu mewujudkan cita-cita almarhumah Ibu Ainun.

Wah, sangat mulia dan menginspirasi, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE