Yuk, Berfoto dan Berkunjung ke Kampung Pelangi!

Kampung Wonosari yang berada di Randusari, Semarang Selatan, kini menjadi sorotan warga dunia. Namanya masuk ke dalam kanal-kanal berita dunia, bahkan hingga masuk Vogue dan juga CNN. Alasannya tak lain dan tidak bukan karena transformasi kreatif yang terjadi di kampung ini. Kampung Wonosari yang tadinya kumuh berubah menjadi warna-warna semarak yang membuatnya disebut sebagai Kampung Pelangi. Hmm, sedrastis apa sih perubahaan Kampung Wonosari ini? Cek fenomena perubahan salah satu properti Indonesia ini!

Dulunya, Kampung Wonosari dikenal sebagai perkampungan kumuh di pinggir kali. Hal ini terus berlanjut, sampai pemerintah dan warga setempat bekerja sama untuk mengubah Kampung Wonosari menjadi sebuah perkampungan indah dan menjadi tempat tujuan wisata para turis.

Kampung Pelangi

Source : CNN Indonesia

Dengan dana sekitar 300juta, kampung dengan 232 rumah ini kemudian mengalami transformasi yang signifikan. Semua dinding rumah-rumah di kampung tersebut dicat dengan menggunakan warna-warna cerah seperti merah, kuning, hijau, biru, emas, salmon, dan juga teal. Setiap rumah dicat dengan menggunakan minimal tiga warna yang berbeda termasuk dengan atapnya. Tidak hanya itu, beberapa dinding juga dihiasi dengan 3D mural yang terlihat artistik dan membuat suasana kampung menjadi semarak.

Seolah belum cukup, kursi dan jembatan di Kampung Wonosari juga dicat dengan menggunakan warna yang indah. Hasilnya, kampung ini terlihat berwarna dan langsung mengundang perhatian wisatawan untuk berkunjung dan berfoto di sana. Menariknya, wisatawan yang datang bukan hanya masyarakat lokal saja tetapi juga turis dari Taiwan, Korea, hingga Hungaria. Wah, keren sekali, ya!

Keuntungan lain dari munculnya tempat wisata ini adalah munculnya lapangan pekerjaan baru bagi warga lokal. Mereka bisa berjualan suvenir, menjual makanan, hingga membuka jasa foto. Kreatif sekaligus menguntungkan, bukan?

Kampung Pelangi bukanlah kampung dengan warna rumah warna-warni pertama di Indonesia. Sebelumnya juga sudah ada Kampung Warna-Warni di Malang dan juga Kampung Tridi di Yogyakarta. Ketiganya kini menjadi salah satu tempat wisata andalan di kotanya.

Gimana, kamu tertarik untuk mampir dan berfoto di Kampung pelangi ini? Selamat berkunjung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE