Yuk, Ketahui Fakta Unik Keju Mozarella Ini!

keju mozarellaApapun jenis makanannya, kalau sudah ditambahkan dengan keju mozarella pasti membuat ketagihan. Yap, keju mozarella memang dapat meningkatkan cita rasa dari makanan, apalagi jika makanan tersebut disantap dalam keadaan panas dan kejunya meleleh. Meskipun demikian, sebagai pencinta keju, apakah Anda tau fakta unik yang dimiliki oleh keju ini? Jika, tidak! Mari, kita cari tau jawabannya di artikel berikut, check it out!

  • Penamaan keju mozarella. Anda mungkin sempat bertanya-tanya, mengapa keju jenis ini bisa dinamakan sebagai keju mozarella? Nah, melansir dari IDNTimes, mozarella sendiri berasal kata “mozze” yang artinya memotong, dan “rella” berarti alang-alang. Dalam proses pembuatannya sekitar 500 tahun silam, keju yang berasal dari susu fermentasi ini dipotong menggunakan alang-alang. Atas dasar inilah muncul penamaan keju mozarella. Unik, bukan?
  • Berasal dari susu kerbau. Tahukah Anda, saat pertama kali dibuat, keju ini berasal dari susu kerbau yang difermentasikan, lho. Bukan tanpa sebab, susu kerbau dianggap memiliki kandungan lemak dan protein lebih tinggi dibandingkan susu sapi, inilah yang menjadi cikal-bakal digunakannya susu kerbau. Di samping itu, keju yang dihasilkan dari susu kerbau ini pun lebih banyak daripada susu sapi.
  • Terdiri dari banyak jenis. Yang paling menarik, keju yang kerap dijadikan sebagai penikmat rasa dalam makanan ini terdiri dari banyak jenis. Ada sekitar 12 jenis keju mozarella dan memiliki bentuk yang berbeda di antara satu dan lainnya. Misalkan seperti; smoked, scamorza, shedded, string, stracciatella, burrata, mozarella buffalo, perline, bocconcini, ovoline, fresh mozzarella, hingga mozzarella curd. Banyak sekali, kan?
  • Bagus untuk kesehatan. Rutin mengonsumsi keju mozarella ini setiap hari, maka sangat bagus untuk kesehatan tulang Anda. Hal ini karena di dalam keju ini tersimpan kandungan kalsium yang cukup tinggi sekitar 183 miligram. Tentu, kandungan ini sangat baik untuk tulang Anda. Namun, ingat, jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya.

Itulah beberapa fakta unik yang dimiliki oleh keju mozarella. Menarik sekali, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE