Yuk, Ketahui Kategori Alat Berat Berdasarkan Fungsinya

alat berat bulldozerMulai dari excavator, tractor, hingga bulldozer, Anda pasti sudah mengenal banyak macam-macam alat berat konstruksi. Namun jika ditanya apa saja fungsi dari alat berat tersebut, mungkin Anda masih bingung menjawabnya. Tak masalah, wajar saja jika Anda (yang tidak bergelut pada bidang konstruksi) belum menguasai pengetahuan mengenai alat berat konstruksi. Namun, tak ada salahnya juga untuk mengetahui lebih lanjut tentang klasifikasi alat berat sesuai dengan fungsinya. Siapa tahu, informasi ini bisa bermanfaat kelak. Yuk, simak bagaimana klasifikasi alat berat berdasarkan fungsinya!

  • Alat berat pengolah lahan

Untuk membuka lahan atau mengolah lahan baru diperlukan alat berat pengolah lahan. Ada beberapa perangkat pengolah lahan, di antaranya adalah; wheel tractordozer, crawler tractor dozer, scraper, danjuga bulldozer. Alat-alat berat tersebut memiliki spesifikasi berbeda yang bisa dilihat dari sisi roda atau pun bentuknya. Spesifikasi tersebut tentunya disesuaikan dengan fungsi perangkat masing-masing.

  • Alat berat penggali

Ya, alat berat ini berfungsi untuk menggali lahan baru atau tanah. Jenis alat berat penggali yang paling sering Anda lihat mungkin adalah excavator. Excavator sebenarnya memiliki banyak fungsi dan salah satunya adalah menggali tanah, lubang parit, atau bahkan pondasi bangunan. Selain itu, ada juga alat berat penggali lainnya seperti dragline, backhoe, clamshell, dan shovel.

  • Alat berat pengangkut material

Selain perangkat pengolah lahan dan penggali, tentu ada juga alat berat yang berfungsi untuk mengangkut material, baik secara vertikal atau horizontal. Meski jaraknya relatif dekat, terkadang beban alat material yang berat mengharuskan pekerja untuk menggunakan alat berat. Alat berat yang termasuk dalam kategori pengangkut material di antaranya adalah belt, wagon dan truck.

  • Alat berat pemadat

Alat berat pemadat berfungsi untuk memadatkan tanah, batu, kayu, atau aspal. Untuk itu, pada proyek-proyek seperti pembangunan jalan raya, tanggul sungai, dan lain-lain, alat berat jenis ini tentu sangat diperlukan. Alat berat padat meliputi penumatic tired roller, tamping roller, compactor, dan juga lainnya.

Nah, itu dia kategori alat berat berdasarkan fungsinya. Semoga bermanfaat!

Erick

Saya seorang yang sedang belajar menulis dan saat ini sedang mempelajari dunia digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE