Yuk Pelajari Bagian Penting dari Kawat Gigi atau Behel

Anda pasti tahu harga kawat gigi tidaklah murah. Belum lagi biaya perawatan selama kawat gigi atau behel tersebut masih terpasang di gigi Anda. Yang pasti, tidak murah untuk meratakan gigi dengan menggunakan behel.

Namun, hal tersebut tidak lantas membuat orang ogah pasang behel. Bagaimanapun juga, penampilan yang apik dan menarik itu penting. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa memilih menggunakan kawat gigi. Terutama bagi mereka yang bekerja di posisi di mana penampilan begitu menunjang kesuksesan karirnya. Harga kawat gigi yang tidak murah tidak lagi menjadi persoalan.

Bagian Penting dari Kawat Gigi

Sebenarnya, yang paling mempengaruhi adalah harga kawat gigi atau behel itu sendiri. Anda harus tahu ada banyak sekali jenis kawat gigi yang ada di pasaran sekarang. Setiap jenis kawat gigi dijual dengan harga yang berbeda.

Behel jenis apa yang Anda inginkan?

Terlepas dari hal tersebut, Anda harus pastikan bahwa kawat gigi yang Anda pilih efektif dan sesuai dengan tujuan yang ingin Anda dapatkan. Jadi, berapapun biaya dan harga pasang kawat yang Anda keluarkan, itu bukanlah uang yang sia-sia.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagian dari kawat gigi lengkap dengan fungsinya masing-masing.

Bagian dari Kawat Gigi atau Behel

Apa sajakah bagian dari kawat gigi?

  1. Bracket

Dalam Bahasa Inggris, kawat gigi ini dinamakan dengan dental brace. Ada yang bilang bracket. Karena memang ini bagian utama dari behel

Bracket ini bagian yang menempel langsung dengan gigi. Bracket itu sendiri artinya pegangan. Jadi, fungsinya adalah memegang atau menyokong gigi agar bergerak di posisi yang diinginkan.

Ada lem yang pada bracket ini. fungsinya agar bracket menempel sempurna pada gigi. Materialnya bracket ini bisa berasal dari metal, ceramic, atau sapphire.

  1. Molar Band

Setelah proses pasang kawat gigi selesai, Anda akan melihat ada yang tampak seperti cincin. Itu bukan hanya sebagai pemanis atau untuk mempercantik penampilan. Lebih dari itu, ada fungsi yang jauh lebih penting. Cincin yang kemudian disebut dengan molar band ini menjadi tumpuan kawat lengkung.

  1. Kawat Lengkung

Bagian selanjutnya adalah kawat lengkung. Ini kawat yang akan mendorong gigi agar berada di posisi yang diinginkan. Misalnya saja, untuk meratakan gigi tonggos, maka kawat lengkung ini akan mendorong gigi ke dalam.

  1. Karet Elastis

Banyak sekali anak muda yang pasang kawat gigi berwarna-warni. Yang berwarna itu adalah karet elastis. Selain mempercantik penampilan, bagian dari behel ini juga berperan untuk mendorong dan mengikat kawat lengkung. Makanya, semakin lama, karet ini kehilangan dayanya, yaitu ketika gigi sudah mulai bergerak ke posisi yang diinginkan. Itulah mengapa karet elastis ini harus diganti.

Jadi, sudah siap untuk pasang behel sekarang?

Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Pasang Kawat Gigi

Selain tahu harga kawat gigi, Anda pasti sudah tahu ada banyak keluhan dari orang-orang setelah pasang kawat gigi. Ada yang merasa nyeri. Dan rasa nyeri tersebut terus dirasakan hingga bertahun-tahun hingga behel dilepas. Ada juga yang sering mengalami sariawan. Dan ini memang salah satu efek yang cukup sering terjadi.

Hal-hal seperti itu yang perlu Anda ketahui sebelumnya. Jadi, Anda sudah persiapkan diri untuk menghadap hal yang mungkin terjadi tersebut.  Atau Anda bisa juga gunakan produk lain yang fungsinya sama dengan kawat gigi. Ada produk yang namanya RATA clear aligner. Ini produk terbuat dari plastik yang perannya sama dengan behel, yaitu meratakan dan merapikan gigi.

Perbedaannya tidak hanya pada bahan utamanya saja. Produk RATA ini bisa Anda pasang dan lepas kapan saja. Dan kabarnya, produk clear aligner RATA ini lebih efektif merapikan gigi daripada Anda pasang kawat gigi.

Jadi, Anda mau pilih yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE