3 Pekerjaan Berikut ternyata Bisa untuk Lulusan SMA, Lho!

lamar kerjaOrang dengan ijazah SMA seringkali merasa kalah saing dengan orang berijazah Strata-1. Padahal, keduanya sama-sama punya kompetensi dan lapangan kerja sendiri-sendiri. Pun jika ingin menambah keterampilan lunak (soft skill) lainnya, seorang lulusan SMA bisa mengikuti program CSR pengembangan SDM yang akan membantunya menemukan potensi diri, minat pekerjaan, serta motivasi finansial yang dimiliki. Sehingga, siswa/i lulusan SMA tersebut bisa membekali dirinya dengan modal yang tepat.

Akan tetapi, jika ingin langsung terjun ke dunia kerja pun tak masalah. Sebab, siapa sangka jika tiga pekerjaan berpenghasilan cukup baik berikut bisa untuk lulusan SMA juga? Apa sajakah pekerjaan yang dimaksud? Cari tahu jawabannya, yuk!

  • Pilot. Yap, salah satu profesi dengan gaji tertinggi di dunia ini bisa untuk kamu yang berijazah SMA. Kalau punya modal yang cukup, kamu bisa mendaftarkan diri ke sekolah penerbangan untuk pelatihan tentang penerbangan selama 18 bulan. Di Indonesia sendiri ada cukup banyak sekolah penerbangan swasta yang menerima siswa dengan ijazah SMA. Namun jika kamu memiliki modal yang terbatas, kamu bisa mengupayakan dirimu untuk masuk ke Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) yang menawarkan harga lebih murah serta kesempatan memperoleh beasiswa untuk pelajar-pelajarnya.
  • Pramugari. Suka bepergian? Kamu bisa menjajal kemampuan pelayanan dan komunikasi kamu untuk menjadi seorang pramugari atau pramugara. Ada banyak sekali maskapai yang membuka lowongan flight attendant ini untuk orang dengan lulusan SMA. Semua maskapai domestik bahkan menerima kandidat dengan ijazah SMA. Kalau tertarik, kamu tinggal mencari lowongan pramugari atau pramugara berbagai maskapai—yang internasional sekalipun—di internet dan mendaftarkan diri untuk sesi screening atau interview. Untuk bisa bertugas di kabin, seorang flight attendant biasanya akan melewati proses pelatihan dari maskapai selama 3 bulan.
  • Masinis. Kalau tidak ingin bepergian yang jauh, kamu bisa melamar untuk posisi masinis di PT KAI Indonesia. Mengutip berita lowongan pekerjaan dalam situs Tirto pada Februari lalu, posisi masinis membutuhkan ijazah SMA/MA/SMK/MAK dengan nilai Ujian Nasional rata-rata minimal 7,0. Berbeda dengan profesi penerbang, masinis akan mendapatkan pendidikan secara gratis dari perusahaan ketika ia sudah diterima. Jadi, kamu tidak perlu berpusing-pusing soal biaya.

Tertarik untuk mencoba salah satu dari 3 profesi di atas? Semoga informasi di atas berguna, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.