4 Buah yang Bagus untuk Turunkan Berat Badan

buah apelDewasa ini, metode menurunkan berat badan kian beragam. Mulai dari cara mandiri dengan mengonsumsi makanan sehat rendah lemak, memperbanyak buah-buahan, hingga mengikuti saran dari ahli gizi. Nah, kalau kamu ingin turunkan berat badan dengan memakan buah-buahan saja, berikut adalah beberapa buah yang sangat baik untuk diet:

Jeruk bali

Melansir laman Healthline, jeruk bali atau grapefruit sudah terbukti bisa menurunkan 7,1% berat badan orang obesitas setelah konsumsi jus buah ini selama 12 minggu berturut-turut sebelum makan. Pasalnya, setengah potong buah ini hanya mengandung 39 kalori. Akan tetapi, jumlah kalori ini sudah bisa mencukupi 65% kebutuhan vitamin C harian tubuh. Selain itu, buah ini juga punya indeks glikemik yang rendah. Artinya, ia akan melepaskan glukosa (gula) ke dalam gula darah kamu secara perlahan. Sehingga, rasa kenyang kamu akan bertahan lama.

Apel

Apel adalah buah yang rendah kalori namun tinggi serat. Mengutip Healthline, satu buah apel (seukuran 223 gram) mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat. Dua kandungan ini bisa buat porsi makan kamu dalam sehari berkurang. Sebagai informasi, satu buah apel hampir 3 kali lebih mengenyangkan ketimbang coklat batangan, lho. Untuk hasil optimal, sebaiknya kamu konsumsi buah apel langsung, ya.

Jeruk

Seperti jeruk bali, jeruk biasa juga memiliki kandungan vitamin C dan serat yang tinggi. Buah ini bahkan 4 kali lebih mengenyangkan ketimbang croissant, lho. Kontributor laman Healthline juga menyarankan kamu yang ingin turunkan berat badan untuk konsumsi jeruk dalam bentuk buah—bukan jus. Pasalnya, buah jeruk akan buat rasa lapar dan asupan kalori kamu berkurang.

Pisang

Buah berkulit kuning ini punya kandungan kalori yang padat. Tak ayal, banyak orang menghindari mengonsumsi pisang untuk diet. Padahal, pisang juga punya kandungan nutrisi yang padat. Contohnya adalah kalium, magnesium, mangan, serat, antioksidan, vitamin A, B6, dan C. Buah ini juga punya indeks glikemik yang rendah. Jadinya, makan pisang akan buat kamu merasakan kenyang lebih lama. Untuk diet, pisang bisa dimakan langsung (dalam bentuk buah) ataupun dijadikan topping dalam makanan lain.

Itulah dia 4 buah yang bagus untuk turunkan berat badan. Selain keempat buah di atas, kamu juga bisa konsumsi alpukat, melon, atau kiwi. Namun, coba cari tahu dulu porsi yang paling sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu, ya. Semoga bermanfaat! (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.