4 Penyebab Rusaknya Pendingin Ruangan

ac di ruanganHilangnya fungsi normal pendingin ruangan secara tiba-tiba tentu akan sangat mengganggu. Selain membuat suhu dalam ruangan menjadi panas dan pengap, kondisi tersebut mungkin juga bisa mempengaruhi produktivitas kerja Anda. Mau tak mau, Anda perlu mengecek apa yang salah pada AC multi split Anda sebelum memanggil ahli reparasi. Untuk itu, simak ulasan tentang 4 penyebab rusaknya pendingin ruangan di bawah ini lebih dulu, yuk.

  • Daya listrik bermasalah. Hal pertama yang perlu Anda cek adalah sistem kelistrikan yang tersambung dengan AC. Periksa dulu apakah kabel AC dalam kondisi baik dan sudah terpasang dengan benar ke stopkontak atau belum. Jika tidak ada masalah pada keduanya, barangkali ada masalah pada saklar. Jadi, periksa juga bagian ini.
  • Thermostat rusak. Termostat merupakan komponen dalam pendingin ruangan yang berfungsi untuk mengatur suhu secara otomatis. Bagian ini merupakan penyebab lain rusaknya pendingin ruangan. Sebab ketika thermostat tidak berfungsi dengan normal, maka pergantian udara dari panas ke dingin dalam sistem AC pun tidak akan terjadi. Anda bisa mengetes dengan menurunkan suhu AC ke angka terkecil. Jika udara tetap tidak mendingin, kemungkinan besar thermostat pendingin ruangan Anda bermasalah.
  • Filter tersumbat. Mengutip situs All Time Air Conditioning, beberapa jenis AC otomatis akan mati jika filternya tersumbat. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah panas berlebih dalam sistem pendingin ruangan serta melindungi motor AC agar tidak rusak. Jika tidak ada masalah pada listrik atau thermostat AC Anda, barangkali masalahnya di sini. Periksalah bagian filter AC, jika ternyata filter tersumbat debu yang sangat banyak, Anda bisa membersihkannya dengan sikat gigi yang sudah tidak digunakan lagi.
  • Penumpukan es. Penumpukan es dalam sistem AC bisa terjadi karena beberapa hal: kurangnya refrigan atau kotornya filter maupun gulungan yang membuat aliran udara berkurang. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membersihkan bagian filter ataupun gulungan lebih dulu. Kemudian, nyalakan pendingin ruangan dengan kipas saja agar es bisa segera meleleh.

Keempat masalah di atas merupakan beberapa penyebab rusaknya pendingin ruangan Anda. Jika membetulkannya sendiri masih belum membuahkan hasil, Anda bisa memanggil ahli reparasi untuk menyelesaikan masalah pendingin ruangan Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.