6 Cara Menurunkan Demam dalam Semalam, Dijamin Ampuh!

termometer digitalKetika Anda merasa tidak enak badan hal yang pertama musti dilakukan adalah memeriksa suhu tubuh Anda dengan menggunakan termometer digital Omron. Hal ini untuk memastikan apakah Anda mengalami demam atau tidak. Pada umumnya memang demam bisa turun sendiri setelah beberapa hari. Namun beberapa orang menginginkan agar demam cepat turun dalam waktu singkat. Nah, agar suhu cepat turun, berikut cara menurunkan demam yang bisa Anda lakukan.

6 Cara Ampuh Meredakan Demam

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan saat tubuh mengalami demam:

1. Minum Lebih Banyak Cairan

Mengonsumsi banyak cairan saat demam adalah hal yang penting karena air akan membuat suhu tubuh turun dan membuang bakteri atau virus. Hasilnya, proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh jadi lebih lancar. 

Selain itu, cairan bisa mencegah terjadinya dehidrasi saat Anda mengalami demam. Semakin tinggi demam, maka kemungkinan dehidrasi semakin besar. 

2. Istirahat Cukup

Demam adalah tanda jika sistem imun tubuh sedang melawan keberadaan virus atau bakteri yang menyebabkan infeksi. Oleh sebab itu, cara menurunkan demam yang paling mudah Anda lakukan adalah dengan istirahat atau tidur yang cukup sepanjang malam.

3. Konsumsi Bahan Herbal

Bahan herbal seperti jahe dan kelor dapat membantu Anda saat mengatasi demam tinggi. Selain itu, efek samping dari bahan herbal juga ringan, tidak seperti obat penurun demam yang terjual bebas. Jahe mengandung sifat antimikroba yang mampu melawan tubuh saat terjadi infeksi bakteri.

4. Konsumsi Obat Penurun Demam

Cara meredakan demam selanjutnya yaitu mengonsumsi obat sesuai resep dokter atau obat yang terjual di apotik, seperti ibu profen, acetaminophen, dan aspirin. Pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan obat sebelum mengonsumsinya. Segeralah periksa ke dokter saat terjadi efek samping yang berbahaya.

5. Dinginkan Tubuh

Cara menurunkan demam yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mandi air hangat atau air biasa. Kemudian menggunakan kompres air pada area sumber panas seperti ketiak, leher, dahi, dan lipatan-lipatan pada tubuh.

6. Penuhi Asupan Nutrisi

Saat demam, biasanya virus akan menginfeksi tubuh hingga menyebabkan mual dan tidak nafsu makan. Namun Anda harus tetap memenuhi asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, antioksidan, dan mineral untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

Tak perlu makan dalam porsi besar, Anda cukup makan dalam porsi kecil tetapi lebih sering. Rekomendasi makanan sehat yang cocok untuk penderita demam adalah sup ayam hangat untuk mengembalikan energi tanpa menimbulkan rasa mual. Jika tetap mual, maka Anda bisa makan jus buah atau sayuran lain.

Sudahkah Anda Mengerti Cara Menurunkan Demam?

Itulah beberapa cara menurunkan demam yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Jika demam tinggi disertai sakit kepala parah, kejang, maupun gejala lain, sebaiknya langsung periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.