7 Nama Anak Laki-Laki Islami

Identitas setiap anak diwakili dengan adanya nama yang diberikan kepada sang anak. Sebelum bayi lahir ke dunia ini, nama bisa menjadi urusan dan hal penting untuk dicari terlebih dahulu. Nama juga menjadi doa dan harapan kepada sang buah hati. Indonesia memiliki banyak penduduk yang menganut agama Islam. Maka dari itu, nama-nama di bawah ini dapat menjadi opsi pemberian nama bayi laki-laki yang bernuansa islami.

  1. Ibnu

Para calon orang tua mungkin ingin menamai anak dengan menggunakan huruf vocal pada awal kalimatnya. Nama yang diawali dengan huruf ‘I’ bisa menjadi salah satu pilihan. Bernuansa islami dan diambil dari bahasa Arab, Ibnu telihat menarik untuk disematkan pada anak laki-laki sesuai artinya yaitu ‘Laki-laki’. Salah satu ilmuwan di bidang pemgobatan menggunakan Ibnu sebagai identitasnya yaitu Ibnu Sina.

  1. Fatih

Fatih adalah nama yang berasal dari bahasa Arab yaitu penakluk, pemenang, atau inisiator. Fatih juga memiliki makna yaitu ‘pembuka’ yang diambil dari makna surat pertama yang ada di dalam Al-Qur’an yaitu Al-Fatihah. Nama Fatih dapat diberikan kepada anak laki-laki dan berharap sang anak memiliki mental seorang juara. Untuk anak sulung, Fatih merupakan nama yang pas untuk digunakan sebagai identitas diri.

  1. Ghaffar

Anak laki-laki harus menjadi anak yang tangguh dan kuat. Namun, bukan berarti laki-laki harus memiliki hati yang keras pula. Anak laki-laki yang memiliki hati yang lembut dan pemaaf akan membuat banyak orang menjadi senang. Ghaffar dapat menjadi pilihan nama dengan harapan sang anak memiliki tingkat simpati dan empati yang tinggi. Ghaffar didapatkan dari bahasa Arab yang berarti sedia mengampuni atau lembut hati.

7 Nama Anak Laki-Laki Islami

  1. Jamal

Orang tua terkadang ingin menamai anaknya dengan memiliki awalan yang sama dengan diri mereka. Jika ingin memberi nama anak laki-laki dengan huruf awal “J” dan bernuansa islami, Jamal bisa menjadi pilihan yang tepat. Jamal sangat erat dengan ketampanan, kecantikan, dan mempesona dan kata tersebut berasal dari bahasa Arab. Harapan agar anak laki-lakinya memiliki paras yang rupawan dapat menggunakan Jamal sebagai nama panggilannya.

  1. Khalifah

Pemeluk agama Islam mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata khalifah yaitu sebuah gelar yang diberikan kepada pemimpin yang menggantikan Nabi Muhammad SAW. setelah beliau wafat. Khalifah diambil dari bahasa Arab dan memiliki makna yaitu penerus, perwakilan, penguasa, atau pemimpin. Laki-laki kelak akan menjadi pemimpin di keluarganya sendiri. Maka dari itu, memberikan nama Khalifah kepada anak laki-laki dapat menjadi pilihan yang tepat.

  1. Athaya

Anak adalah anugerah dari Tuhan kepada para orang tua. Berita tentang kehamilan seorang wanita akan menjadi kabar baik untuk sanak saudara. Sebagai penanda bahwa anak adalah hadiah termegah dari Tuhan, nama Athaya dapat diberikan kepada anak laki-laki.  Athaya itu sendiri memiliki makna hadiah, berkah, anugerah dari Allah Swt. Yang diambil dari bahasa Arab. Besar harapan juga dengan memberikan athaya sebagai identitas dirinya agar sang anak selalu diberi keberkahan di setiap langkah hidupnya.

  1. Zubair

Huruf “Z” merupakan urutan huruf terakhir yang ada di dalam abjad. Orang tua yang menginginkan anaknya memiliki huruf “Z” sebagai awalan urutan namnya dapat menggunakan Zubair sebagai pilihan. Nama ini berasal dari bahasa Arab yang memiliki makna mendalam yaitu tegas, kuat, cerdas, dan bijaksana. Keempat sifat tersebut merupakan sifat yang selalu orang tua harapkan turut ada di dalam jiwanya. Oleh karena itu, Zubair dapat digunakan untuk anak laki-laki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.