Agar Printer Label Tetap Awet, Ini Cara Merawatnya

printer barcodePrinter label barcode merupakan perangkat yang wajib dimiliki untuk Anda yang menjalankan bisnis pribadi. Pasalnya, perangkat ini akan mempermudah operasional harian Anda dalam mencetak label untuk keperluan pengiriman, pengemasan, atau bahkan untuk inventoris bulanan. Printer label barcode sendiri merupakan media untuk mencetak suatu kode barcode, yang digunakan untuk berbagai industri, entah industri makanan dan minuman, tag harga, farmasi, dan masih banyak lagi. Material label ini pun beraneka mulai dari thermal, yupo, semicoated, vinyl, transparent, dan masih banyak lagi. Bentuknya roll sehingga mempermudah pemasangan pada printer.

Agar bisa dipergunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang, selain memerhatikan tips memilih printer barcode dengan kualitas yang baik, memerhatikan perawatannya juga sangat penting. Biasanya, pembersihan ini dilakukan setelah pemakaian 1 roll ribbon. Berikut cara merawatnya:

  • Pastikan printer dalam keadaan mati. Sebelum mulai membersihkan, pastikan printer dalam keadaan OFF atau mati, dan kabel tidak dalam kondisi tercolok¬† ke terminal listrik. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa membersihkan printer secara menyeluruh tanpa harus dibayang-bayangi oleh risiko tersetrum listrik.
  • Bersihkan area head. Buka tutup printer dengan menekan tombol pembuka, kemudian bersihkan bagian head dengan menggunakan cleaning swab. Usap dengan gerakan searah agar permukaannya bersih secara merata. Saat membersihkannya, hindari untuk menggunakan benda tajam di tangan seperti cincin, gelang, atau jam tangan, untuk mencegah goresan pada area head.
  • Diamkan selama 2-3 menit. Setelah dibersihkan, diamkan dulu selama beberapa saat agar printhead kering sebelum dinyalakan kembali.
  • Bersihkan dari debu. Untuk memastikan kualitasnya tetap prima, jangan lupa untuk menyeka debu dari permukaan printer setiap hari. Jika tumpukan debu terus dibiarkan, dikhawatirkan akan mengeras dan akan sulit dihilangkan nantinya.
  • Gunakan sesuai kapasitas. Setiap printer pasti memiliki kapasitas tersendiri terkait kecepatan pencetakan dan juga jumlah cetakan labelnya. Gunakan sesuai kapasitas dan jangan memaksa printer untuk bekerja melebihi kemampuannya, ya.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa printer label Anda bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Silakan diterapkan dan semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.