Anne Avantie, Perancang Busana Wanita yang Terus Ukir Prestasi

Anne AvantieWanita Indonesia memang selalu menginspirasi seluruh lapisan masyarakat. Kekuatan untuk selalu berkembang dan teguh mewujudkan cita-cita menjadi salah satu daya tarik yang membuat tiap kisah perjuangannya layak untuk disimak dan dipelajari. Hal ini karena setiap perjuangan yang dilakukan bukan hanya diperuntukkan untuk diri sendiri melainkan ditujukan untuk menginspirasi para wanita lainnya agar dapat memiliki masa depan yang jauh lebih baik.

Kisah inspiratif kini datang dari desainer kondang kebanggaan Indonesia, Sianne Avantie, atau yang biasa disapa Anne Avantie. Meski diusianya yang sudah tidak lagi muda yakni 67 tahun, Anne Avantie  tetap aktif dalam berkarya dan tentunya terus mengukir prestasi baik di bidang fashion maupun bisnis. Ketekunannya untuk membawa kain dan kebaya tradisional agar dikenal dunia patut diapresiasi dan dicontoh oleh para desainer muda. Tidak heran, meski terbilang senja, karya Anne Avantie terus dinanti dan bahkan kebaya rancangannya tetap menjadi pilihan sejumlah tokoh penting Indonesia sampai seragam beragam institusi terkenal.

Mendobrak Aturan Baku Desain Kebaya

Mengawali karir pada tahun 1989 sebagai perancang busana penari kini Anne Avantie menjelma sebagai perancang mode legendaris. Salah satu karya Anne Avantie yang khas dan unik adalah desain potongan kebaya yang asimetris dan kaya akan eksplorasi siluet kebaya yang modern namun tetap menjunjung tinggi nilai historis dan budaya. Hal ini membuat desain rancangan Anne Avantie terus berkembang mengikuti perubahan zaman dan tentunya terus diminati oleh setiap generasi. Keluwesan Anne Avantie dalam merancang kebaya membuat sosoknya tampil kuat dan menginspirasi. Sejumlah penghargaan dapat ia capai seperti penghargaan Kartini Award pada 2004-2008 serta Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women Class of 2011 dari Inggris. Gaya desain yang unik juga membuat Anne Avantie sering kali diundang sebagai tamu istimewa dalam diskusi dan kelas-kelas umum diberagam universitas dan institusi.

Perancang Busana Kontes Kecantikan Dunia sampai Menyumbangkan Jahitan APD untuk Tenaga Kesehatan

Kepiawaiannya dalam merancang desain kebaya yang modern namun tetap membumi membuat Anne Avantie sering kali diminta untuk mendesain kebaya untuk acara-acara resmi sampai dengan kontes kecantikan Miss Indonesia dan Miss Universe. Pada ajang tersebut, kebaya rancangannya dikenakan oleh seluruh finalis. Meski sering kali terlibat dalam proyek besar, Anne Avantie tidak tinggal diam saat wabah pandemi berkembang di Indonesia. Bersama dengan para penjahit yang bekerja untuknya, butik Anne Avantie menghentikan sementara produksi kebaya dan mengalihkan tenaga pada produksi setelan APD yang lalu disumbangkan secara gratis kepada para tenaga kesehatan. Sikap berani dan empati yang ditunjukkan oleh Anne Avantie tentunya sangat istimewa dan dapat memberikan senyum bagi para tim tenaga kesehatan yang sedang bertugas.

Luncurkan Buku serta Jadi Model Barbie Pertama dari Indonesia

Tidak hanya dibidang fashion dan bisnis, Anne Avantie nyatanya juga turut aktif dalam menyumbangkan pikirannya melalui buku-buku yang ia tulis sendiri. Buku karyanya yang bertemakan rohani banyak memberikan inspirasi bagi wanita katolik untuk dapat terus berkarya, serta tersisip tips menjadi wanita entrepreneur atau memiliki bisnis sendiri, tanpa meninggalkan kewajiban sebagai istri dan ibu bagi anak-anaknya. Terakhir, sosoknya juga menjadi inspirasi bagi perusahaan produsen boneka Barbie untuk memproduksi boneka yang menyerupai sang desainer, lengkap dengan sanggul, bunga kamboja, riasan khas serta yang pasti kebaya rancangannya yang ia kenakan sendiri. Karakter dan potensinya yang tak terbatas yang membuat produsen boneka Barbie memilih sosoknya sebagai model Barbie pertama dari Indonesia.

Banyaknya prestasi yang diukir tidak membuat Anne Avantie kian tinggi hati. Kesederhanaannya serta sifat berbagi selalu ia tanamkan kepada banyak orang tanpa kecuali. Tentu saja kisah perjuangan Anne Avantie haruslah menjadi pemicu semangat para desainer muda khususnya desainer wanita untuk dapat terus berkarya dikancah nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.