Apa Tujuan Pembuatan Laporan Keuangan?

laporan keuangan
image source: situs ipc

Mempersiapkan laporan keuangan secara lengkap, rinci, dan ter-update barangkali belum jadi prioritas setiap organisasi bisnis berskala menengah hingga kecil. Padahal, pembukuan ini bukan hanya soal pencatatan untung-rugi atau keluar-masuknya. Lebih dari itu, laporan keuangan juga menawarkan gambaran organisasi bisnis saat ini juga masa mendatang. Maka dari itu, simak dulu apa saja tujuan pembuatan laporan keuangan yang dapat dibuat sendiri oleh akuntan perusahaan ataupun jasa pembuatan laporan keuangan di bawah ini.

  • Memisahkan aset bisnis dan pribadi. Tujuan pertama dari pembuatan laporan keuangan ialah memisahkan aset bisnis dengan aset pribadi. Dengan begitu, pemilik usaha bisa menghindari kemungkinan risiko bisnis—seperti kerugian—ke dalam kehidupan pribadinya. Lebih lanjut, hal ini pun akan menaikkan level profesionalitas pemilik usaha.
  • Memberi informasi yang tepercaya. Tujuan kedua dari pembuatan laporan keuangan ialah memberikan informasi status dan/atau kondisi organisasi secara riil. Dikutip dari Kompas.com, informasi tepercaya ini meliputi kekuatan dan kelemahan bisnis, posisi keuangan dan investasi bisnis, kemampuan organisasi dalam memenuhi kewajibannya, hingga kemampuan sumber daya yang ada untuk pertumbuhan perusahaan.
  • Memberi gambaran untuk perhitungan pajak. Tujuan ketiga dari pembuatan laporan keuangan ialah memberikan gambaran dasar perhitungan pajak. Data-data ini hanyalah bahan dasar untuk dikelola selanjutnya oleh konsultan pajak. Sebab banyak perusahaan yang menggunakan jasa konsultan pajak yang telah memenuhi syarat untuk pengelolaan pajaknya.
  • Mengukur keuntungan bisnis. Tujuan selanjutnya adalah mengukut laba—kotor dan bersih—yang berhasil didapatkan oleh organisasi dalam kalender bulan maupun tahun. Selanjutnya, data ini dapat dimanfaatkan organisasi bisnis untuk menentukan langkah lanjutan terkait strategi bisnis organisasi.
  • Menyajikan perubahan posisi keuangan. Selain menunjukkan informasi terkait posisi keuangan organisasi, laporan keuangan juga bertujuan untuk menyajikan perubahan posisi keuangan. Mengutip Standar Akuntansi Keuangan dari laman Kompas.com, bagian ini akan berguna sebagai salah satu tolok ukur dalam pengambilan keputusan organisasi.

Itulah dia beberapa tujuan pembuatan laporan keuangan yang wajib Anda ketahui. Mengingat keuntungannya yang akan berdampak jangka panjang buat perusahaan, tentu mempunyai 4 jenis laporan keuangan yang terinci, lengkap, dan update merupakan sebuah keharusan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.