Apa yang Akan Terjadi Jika Mobil Lama Tidak Dikendarai?

mobil di garansiAda beberapa orang yang memiliki mobil lebih dari satu karena faktor kebutuhan anggota keluarganya. Namun dengan adanya pandemi seperti sekarang, banyak yang akhirnya membiarkan mobil bekas murah yang dulu dibelinya menganggur begitu saja di garasi karena pemberlakuan WFH dari kantor. Padahal, mobil yang dibiarkan lama tidak terpakai ternyata juga bisa mengalami masalah, di antaranya:

  • Baterai kehabisan daya. Baterai mobil atau aki bertugas untuk menyimpan energi listrik dari alternator atau pemasok arus bolak-balik yang ada dalam mobil. Nah, pemasok arus bolak-balik listrik ini juga akan bantu mengisi daya baterai ketika mobil dikendarai. Sebaliknya ketika mesin mobil tidak menyala, alternator tidak akan menyuplai daya untuk baterai mobil. Alhasil, sisa daya yang dimiliki aki akan habis perlahan-lahan kalau mobil tidak dikendarai.
  • Ban muncul bintik-bintik datar. Logikanya, ban itu bundar. Jadi apabila ada suatu hal yang membuat bentuk bundarnya berubah, seperti bintik-bintik datar, tentu akan memengaruhi kualitas dan fungsi utamanya. Sebab, bintik-bintik datar tersebut akan berakhir pada ban yang kempes. Nah, ban yang kempes tersebut lama-kelamaan dapat menjadi rusak serta membahayakan Anda ketika Anda kembali mengendarai mobil suatu hari nanti.
  • Tangki bahan bakar jadi lembap. Mobil yang lama tidak dikendarai pada umumnya tidak mendapat suplai panas atau hawa panas dari mesin yang bekerja. Hal ini kelak akan membuat tangki bahan bakar menjadi lembap dan menciptakan uap di dalamnya. Uap air tersebut nantinya akan tercampur dengan sisa bahan bakar yang ada di dalam tangki. Pada akhirnya, bahan bakar terkontaminasi dan mengganggu kinerja mesin saat mobil dikendarai lagi.
  • Kolong mobil jadi rumah hewan. Sekilas, dampak ini tidak terlihat berbahaya untuk kendaraan Anda bila dibandingkan dengan ketiga efek samping sebelumnya. Namun, jangan menyepelekan hal ini. Pasalnya, kolong mobil yang berubah menjadi rumah hewan seperti tikus atau hewan kecil lainnya tetap berpotensi untuk merusak kendaraan Anda. Beberapa contoh kerusakan yang dapat disebabkan oleh hewan-hewan ini adalah kabel putus karena digigit atau kotornya area mesin karena dipenuhi oleh kotoran maupun sarang hewan.

Itu dia beberapa dampak apabila Anda mendiamkan mobil Anda terlalu lama di garasi atau tempat parkir. Sebagai solusinya, Anda perlu memanaskan mobil satu-dua hari sekali lalu membawanya keluar garasi untuk sekadar berkeliling kompleks sebentar atau cukup memindahkan posisi parkirnya. Yang terpenting, Anda harus rutin membuat mobil Anda bergerak dari garasi atau tempat parkir. Selain itu, perhatikan juga kebersihannya dengan membersihkan bagian interior mobil sendiri di rumah dan juga bagian kolong serta eksterior mobil. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.