Apakah Anak-anak Diperbolehkan Menonton Film Horor?

ajak anak nonton film hororBanyak kelebihan yang bisa Anda dan keluarga rasakan jika memiliki Smart TV Terbaik, salah satunya adalah bebas menonton acara apapun. Loh, memangnya TV lain tidak bisa? Tentu saja bisa. Tapi jika yang Anda gunakan bukan Smart TV, acara yang Anda saksikan akan terbatas pada channel yang ada pada saluran televisi Anda. Sementara jika Anda menggunakan smart TV, maka Anda bisa langsung mengkoneksikannya pada internet dan bebas melakukan streaming langsung dari ponsel.

Namun, untuk Anda yang memiliki anak di rumah harus waspada dengan fasilitas ini. Sebab internet merupakan sumber beragam informasi, baik itu positif maupun negatif. Anda harus sangat mengawasi apa yang anak Anda tonton menggunakan jaringan internet dan pastikan sesuai dengan usianya.

Permasalahannya selain game, saat ini banyak film atau serial yang banyak ditonton oleh anak-anak padahal sebenarnya tidak dianjurkan. Salah satunya yaitu film atau serial dengan genre horor. Ingin melarangnya sulit jika teman-temannya ternyata diizinkan untuk menonton acara tersebut. Lalu, apakah artinya Anda harus mengalah dan mengizinkan anak menontonnya?

Hingga saat ini sebenarnya dampak psikologis terhadap anak setelah menonton acara atau film horor masih terus dalam penelitian dan belum ada hasil yang benar-benar valid. Mengapa? Dirangkum dari situs psychologytoday, penyebabnya adalah karena ada banyak variabel yang harus diteliti dan mempengaruhi hasil penelitian tersebut. Jadi tidak bisa mengambil keputusan atau kesimpulan hanya berdasarkan pada satu variabel saja.

Namun, genre horor memang bisa mempengaruhi anak dalam jangka pendek. Beberapa di antaranya yaitu, anak bisa mengalami sulit tidur, sulit makan, dan takut akan suatu hal (biasanya takut gelap atau takut dengan makhluk tak kasat mata) setelah menyaksikan film atau serial dengan genre ini.

Lalu, apakah ada cara yang bisa dilakukan agar anak tetap bisa menonton dengan aman?

Masih dari sumber yang sama, Anda bisa melakukan beberapa cara, yaitu:

  • Berikan pengertian terlebih dahulu pada anak bahwa acara yang ingin ditontonnya tidak sesuai dengan usianya. Mungkin saja anak mau menurut dan membatalkan keinginannya menonton.
  • Jangan pernah membiarkan anak menonton sendirian. Jika anak mulai menunjukkan tanda ketakutan yang melebihi batas kemampuannya, sebaiknya segera hentikan. Setiap anak umumnya memiliki batas ketakutan yang masih bisa ditanganinya.
  • Jika memungkinkan, ada baiknya Anda menonton acara tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu Anda mengetahui part mana saja yang sebaiknya tidak ditonton anak dan bisa men-skip bagian tersebut atau setidaknya menutup mata anak.

Jangan lupa juga untuk memahami karakter anak terlebih dahulu sebelum mengizinkannya menonton. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak variabel yang dapat mempengaruhi efek setelah menonton acara horor pada anak, salah satunya adalah karakter dari anak sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.